You are currently viewing Pimpinan Facebook Amerika Latin kini Harus Mendekam di Penjara, Kenapa ya?

Kepolisian Brazil baru saja mengeluarkan perintah untuk menahan pimpinan Facebook untuk Amerika Latin, Diego Dzodan. Perintah penahanan terhadap Dzodan ini dilakukan bukan karena adanya aktivitas kriminal ataupun ilegal yang dilakukan. Namun penangkapan ini dilakukan karena Dzodan tidak memenuhi perintah pengadilan dalam membantu penangkapan seorang gembong narkoba.

penjara facebook

Penahanan Dzodan ini bermula dari kasus yang terjadi pada tahun 2014. Dalam sidang kasus tersebut, pihak pengadilan memerintahkan Facebook untuk membantu penyelesaian kasus tersebut. Facebook pun diminta untuk melacak keberadaan tersangka yang terlibat dalam aksi kejahatan dan jual beli narkoba. Dan pengadilan pun meminta data pribadi terkait tersangka tersebut dari database WhatsApp, perusahaan yang dibeli Facebook di tahun 2014.

Sayangnya, pihak Facebook tidak memenuhi permintaan dari pengadialn tersebut. Bahkan mereka pun mengacuhkan perintah permintaan data pribadi user itu selama empat bulan terakhir. Alhasil, denda sebesar 12.700 USD per hari pun dikenakan kepada Facebook yang akhirnya terkumpul menjadi sebesar 250 ribu USD.

Melihat tidak adanya itikat baik dari Facebook untuk memenuhi permintaan pengadilan, Hakim pun memutuskan untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Dzodan. Alasannya, Facebook dianggap tidak mau membantu kepolisian dalam tugas investigasi yang tengah dilakukan.

Facebook tidak diam dalam menanggapi kasus ini. Mereka beralasan kalau data pribadi terkait tersangka tersebut bukanlah data yang tersimpan di dalam perusahaan. Facebook dan WhatsApp, ujar juru bicara Facebook, merupakan dua perusahaan yang berbeda. Dan permintaan data pribadi user WhatsApp kepada Facebook ini pun dianggap sebagai permintaan salah alamat, karena secara teknis mereka tidak bisa melakukannya.

(BHK)

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply