Eksistensi single board komputer memang tak diragukan lagi dalam dua tahun terakhir ini. Setelah munculnya Raspberry Pi yang merupakan single board komputer yang seukuran dengan kartu ATM, banyak kompetitor yang menghadirkan produk sejenis, seperti Banana Pi, Orange Pi dan masih banyak lainnya.

rpi-pixel-0

Namun Raspberry Pi tetap menjadi yang dikenal oleh banyak para pengembang karena mudahnya mendapat komponen tambahan, serta dukungan software yang selalu up to date. Salah satunya adalah perkembangan sistem operasi Raspberry Pi yang sudah terkenal, Raspbian. Sistem operasi tersebut pun banyak digunakan karena sangat cocok untuk pemula, serta dukungan dari para pengembangnya.

rpi-pixel-1

Tidak hanya itu saja, pengguna sistem operasi Raspbian perlu berbangga hati karena akhirnya mendapat sentuhan terbaru untuk tampilannya, yang membuat segar kembali. Tampilan tersebut benama PIXEL, yang merupakan kependekan dari Pi Improved Xwindows Environment, Lightweight. Tampilan desktop PIXEL sendiri mengadopsi dari LXDE (Lightweight X11 Desktop Environment), yang mengalami perombakan besar-besaran dengan disandingkan fitur-fitur untuk perangkat Raspberry Pi. Adapun daftar perubahannya, antara lain:

  • Splash screen terbaru yang juga menunjukkan versi Raspbian yang digunakan
  • Terdapat 16 wallpaper terbaru untuk desktop
  • Tampilan jendela aplikasi atau program yang lebih bersih dan lebih modern
  • Icon baru untuk beberapa program dan menu lainnya
  • Dapat mematikan WiFi atau Bluetooth bila tidak digunakan

Selain tampilan yang baru, Raspbian juga hadir dengan program bawaan yang baru, seperti RealVNC untuk dapat mengendalikan perangkat Raspberry Pi dari jarak jauh (remote). Untuk menjelajah dunia maya, Raspbian tidak lagi menggunakan browser Ephany lagi setelah bertahun-tahun digunakan, dan kini digantikan oleh Chromium yang merupakan Google Chrome versi open source.

rpi-pixel-4

Bagi Anda yang ingin mencicipi tampilan baru ini bisa mengunduhnya secara langsung bersamaan dengan OS Raspbian yang telah di-update pada tautan ini. Setidaknya sisakan kapasitas micro SD sekitar 4GB untuk memasang Raspbian bersama dengan tampilan PIXEL ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here