Persaingan perangkat konsol kini nampaknya tidak kalah menarik dengan perangkat komputer. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini ada tiga pabrikan yang bersaing secara sengit di pasar konsol, yakni Sony dengan PlayStation 4, Microsoft dengan Xbox One, dan Nintendo yang kabarnya bakal merilis NX dalam tahun ini. Dari kabar sebelumnya ada rumor yang mengatakan bahwa Nintendo NX ini bakal mengusung SoC dan GPU terbaru dari AMD Polaris.

ps4-hrdware

Kini ternyata informasi tersebut berkembang lagi, seperti yang dilansir dari VR-Zone, Rabu (20/4/2016), bahwa PlayStation 4K atau ada juga yang menyebut dengan PlayStation 4.5 bakal menggunakan chipset GPU dari AMD Polaris.

Dengan berbekal SoC yang memiliki delapan buah core inti 64 bit, kabarnya chipset ini memiliki mikro arsitektur dengan nama Jaguar dengan kecepatan 2,1GHz. Selain itu, GPU dari chipset ini juga sudah berbasiskan AMD Graphic Core Next (GCN) dengan 36 unit.

Sayangnya untuk detail lebih lanjut masih belum bisa dipastikan karena informasi ini sendiri masih simpang siur. Namun disinyalir bahwa GPU yang ada pada PlayStation 4K atau PlayStation 4.5 ini mirip dengan GPU dari AMD Radeon R9 480, yang menggunakan Polaris10 “Ellesmere”. Untuk yang lain, dikatakan bahwa chipset ini bakal mengusung memori sebesar 8GB 256 bit GDDR5 dengan bandwidth hingga 218GB/s.

Diperkirakan bahwa PlayStation 4K alias PlayStation 4,5 ini bakal hadir awal tahun 2017 mendatang. Sudah tidak sabar menunggu?

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here