Nokia X Ponsel Android
Nokia X Ponsel Android

Lega sudah para penggemar Android yang juga fans berat Nokia karena akhirnya Nokia telah mengumumkan baru saja dari acara MWC 2014 tiga produk dari keluarga Nokia X yaitu Nokia X, Nokia X+ dan Nokia XL yang ketiganya menggunakan sistem operasi Android. Tampilan bodi keluarga Nokia X ini mirip dengan ponsel Lumia dengan tampilan User Interface yang juga dibuat mirip Lumia walau masih tampak berbeda karena memang pada dasarnya Nokia X adalah ponsel Android.

Strategi Nokia mengusung Android adalah melengkapi OS Android dengan berbagai layanan dari Microsoft seperti Outlook.com sebagai layanan email, OneDrive untuk layanan penyimpanan cloud serta Skype untuk komunikasi serta tentunya HERE maps untuk layanan pemetaan.

Ketiga ponsel nokia Android ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon Dual Core  dan mendukung Dual SIM. Aplikasi pihak ketiga yang telah terinstall adalah BBM, Plants vs. Zombies 2, Viber, Vine serta Twitter.

Dan yang spesial dari Nokia adalah tampilan UI Fastlane yang telah ada pada seri Nokia Asha sebelumnya yang cukup disukai dan mendapat respon baik dari para penggunanya.

Nokia X Ponsel Android
Nokia X Ponsel Android

 

nokia-X-screens
Tampilan layar dan UI Nokia X

Nokia X yang merupakan paling murah dan paling rendah spesifikasinya memiliki layar 4 inci LCD IPS, RAM 512 MB, dan kamera 3mp dengan pilihan warna  green, black, white, yellow, cyan dan red.

Nokia X+ memiliki 768MB RAM, 4GB MicroSD card dengan pilihan warna sama dengan Nokia X.

Yang terakhir Nokia XL memiliki layar 5 inci dengan RAM 786 MB, lalu ada microSD card dengan kamera depan 2MP untuk layanan Skype serta kamera belakang 5mp dengan autofocus dan flash. Pilihan warna yang disesiakan sama hanya saja untuk warna merah digantikan dengan orange terang.

Harga Nokia X adalah 89 Euro / 1.4 jutaan rupiah

Harga Nokia X+ adalah 99 Euro / 1.6 jutaan rupiah

Harga Nokia XL adalah 109 Euro / 1.75 jutaan rupiah

Lalu kapan ponsel ini akan tersedia di pasaran?

Nokia X akan masuk pasaran tak lama lagi, sedangkan Nokia X+ dan Nokia XL akan mulai dipasarkan pada kuarter 2 2014 (sekitar April-Juni 2014)

Kalau ingin lebih jelas utk info spesifikasi ketiga ponsel Nokia X ini bisa baca Perbandingan Spesifikasi Nokia X vs Nokia X+ vs Nokia XL

Berikut ini tampilan layar, UI dan berbagai aplikasi yang tersedia Nokia X.

Nokia_X+_Front_Black_Lockscreen
Layar Lockscreen nokia X+
Nokia_X_Front_Green_Fastlane
Tampilan Fastlane pada Nokia X
Nokia_X_Front_Red_Skype
Skype pada Nokia X
nokia-X-screens
Tampilan layar dan UI Nokia X