Kedatangan BlackBerry Messenger (BBM) ke platform iOS dan Android terbukti efektif. Menurut data dari Nielsen, BBM saat ini menjadi aplikasi terpopuler kedua di kalangan pengguna smartphone di Indonesia. Popularitas BBM tersebut pun berhasil mengalahkan aplikasi lain seperti WhatsApp, Line ataupun WeChat.

pengguna smartphone asia tenggara

Popularitas BlackBerry Messenger di Indonesia hanya mampu dikalahkan oleh Facebook. Direktur Nielsesn, Sagar Phadke pun mengatakan bahwa saat ini penggunaan aplikasi mobile sangat tinggi dan kompetitif. Pengguna smartphone di Asia, tak terkecuali Asia Tenggara pun berkembang sangat pesat.

Menurut data tersebut, Indinesia juga nampak menjadi pasar yang sangat penting bagi BlackBerry. Di negara Asia Tenggara lain, aplikasi BBM sama sekali tak masuk dalam 10 besar aplikasi smartphone terpopuler. Di negara lain, pengguna smartphone lebih memilih untuk menggunakan LINE, WhatsApp, WeChat ataupun Viber ketimbang BBM.

Menurut data tersebut, tercatat bahwa setiap harinya, pengguna smartphone di Indonesia menghabiskan waktu rata-rata 40 menit untuk menggunakan aplikasi. Angka tersebut pun lebih rendah dibandingkan di negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia (66 menit), Thailand (46 menit) dan Filipina (41 menit).

via Asiamediajournal