Pada tahun 2012, Afrika selatan merupakan basis yang sangat penting bagi BlackBerry. Di negara ini, BlackBerry menjadi handphone paling keren pada tahun tersebut. Bahkan pihak BlackBerry juga sempat memberikan hadiah handphone BlackBerry 9900 gold edition kepada enam atlet Afrika Selatan yang berprestasi.

Namun hal tersebut kini nampaknya mulai menguap. Menariknya, yang berpotensi untuk mengalahkan popularitas BlackBerry di Afrika Selatan adalah handphone Windows Phone. Paling tidak hal tersebut berdasarkan data dari Vodacomm, salah satu operator ternama di Afrika Selatan.

Pihak Vodacomm mengatakan bahwa dalam rentang Mei hingga Juli, jumlah pengguna Windows Phone meningkat hingga 47 persen. Tercatat pada bulan Juli terdapat 150 ribu pengguna Windows Phone. Jumlah tersebut pun meningkat menjadi 220 ribu pengguna pada bulan Juli. Yang menjadi faktor utama peningkatan jumlah pengguna tersebut adalah handphone Windows Phone murah Luma 520.

Di sisi lain, jumlah pengguna BlackBerry tidak mengalami perubahan dalam rentang waktu yang sama. Lalu bagaimana dengan Android dan iOS? iOS ternyata memiliki nasib yang sama dengan BlackBerry di negara ini. Sementara itu Android mengalami peningkatan sebesar 20 persen, dari 1 juta pengguna menjadi 1.2 juta pengguna.

via Phonearena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here