Kemunculan port USB tipe baru, yakni tipe C telah secara resmi diumumkan sejak beberapa bulan lalu. Namun hingga kini, publik masih belum mengetahui secara detail tampilan dari port USB yang bisa digunakan di berbagai perangkat ini, baik di notebook, tablet ataupun smartphone.

Namun sebuah kabar mengungkapkan kalau port USB yang menjanjikan pemakaian secara reversibel atau bisa dibolak-balik, akan hadir dalam perangkat di pasaran sebentar lagi. Bahkan saat ini kabarnya tahap produksi port USB tipe C tersebut telah siap dimulai. Dengan begitu, maka tak lama lagi akan mulai bermunculan perangkat mobile yang hadir dengan port terbaru ini.

usb-type-c

Selain menjanjikan pemakaian yang mudah, port USB tipe C ini juga mempunyai ukuran yang mungil. Bahkan port USB terbaru ini mendukung USB 3.1 SuperSpeed dengan kecepatan transfer data mencapai 10Gbps. Tak hanya itu, port USB ini juga mampu digunakan untuk mengirimkan daya 100W untuk mengisi baterai sebuah laptop.

Keberadaan port USB terbaru ini pun memberikan variasi pemakaian di perangkat elektronik. Saat ini, banyak perangkat yang masih memakai port USB 2.0 ataupun USB 3.0 sebagai standar utama. Namun dalam waktu mendatang, maka port USB 3.1 bakal mampu menggantikan kedua jenis port USB tersebut.

via Liliputing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here