Tipe port USB baru kini telah secara resmi diumumkan. Port USB yang disebut dengan Tipe-C itu pun memiliki desain lebih tipis dengan beberapa peningkatan fitur. Selain itu, port USB baru ini juga bisa dicolokkan dalam posisi bolak-balik, tak seperti pada jenis USB yang ada saat ini, baik dari USB biasa hingga micro USB.

Terdapat beberapa hal yang bakal menjadi kunci utama dari keberadaan port USB Tipe-C tersebut. Yang pertama adalah desain yang benar-benar baru dan ukuran lebih kecil dibandingkan pada port USB 2.0 Micro-B. Selain itu, USB Tipe-C juga bakal reversibel seperti halnya konektor Lightning.

Dalam pres rilisnya, Chairman USB 3.0 Promotor Group, Brad Saunders mengatakan bahwa USB Tipe-C merupakan evolusi tren desain, terutama dalam hal ukuran serta penggunaannya. USB tipe ini pun bakal memberikan kemampuan charging baterai yang lebih cepat dibandingkan micro USB.

Selanjutnya, USB Tipe-C ini juga bisa digunakan di berbagai jenis perangkat. Tak hanya pada tablet ataupun smartphone, melainkan juga bisa dipakai pada perangkat seperti laptop atau bahkan komputer desktop.

via The Verge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here