Tenaga matahari merupakan tenaga yang mudah dijumpai dan ramah lingkungan. Upaya untuk menghasilkan listrik melalui tenaga matahari semakin meningkat seiring dengan masih banyaknya daerah terpencil yang membutuhkan listrik.

Baru-baru ini seorang mahasiswa Universitas Michigan melakukan penelitian dengan menciptakan sebuah charger portable yang bertenaga matahari. Tiga mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa jurusan teknik.

Charger yang mereka buat diberi nama Emerald. Emerald dapat digunakan untuk mengisi baterai ponsel ataupun sebagai penerang saat berkemah. Mereka berjanji akan memasarkan produknya dengan harga yang rendah di bawah 20 dollar untuk masyarakat negara-negara berkembang.

Untuk pencahayaan Emerald menggunakan LEDS, hal ini memungkinkan Emerald digunakan untuk membaca selama 8 jam.

Emerald tentu lebih baik dari lampu kerosene karena harga minyak dapat bertambah mahal sedangkan tenaga matahari tidak.

 Untuk mencharger ponsel, Emerald mempunyai USB dan port untuk ponsel dengan sebuah tas adapter. Alat ini dapat dicharge dengan tenaga matahari sampai penuh selama 3 jam. Emerald diharapkan dapat menjadi solusi bagi daerah-daerah yang belum mempunyai jaringan listrik yang layak. (sumber)

1 COMMENT

  1. buset dah, ke mana aja tu mahasiswa, jangankan buat charger hp yg buat laptop aja sdh d pasaran, bs dicek d ebay. Kl yg utk hp harganya mlh d bwh 20 usd, ane aja dpt auction 5 usd sdh trmsk ongkir 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here