Kembalinya sekuel terbaru game Driver yang bakal segera dirilis pada awal bulan September 2011 ini cukup mengemparkan. Driver San Francisco atau disebut juga Driver 5 akan hadir dengan beberapa fitur baru serta beberapa fitur lama yang sebelumnya dihilangkan akan ditampilkan kembali pada sekuel ini. Preview game ini akan membahas peningkatan gameplay, baik itu pada single player dan multiplayernya yang dapat kita simak dibawah ini.


Sekuel terbaru Driver menawarkan plot cerita permainan setelah kejadian terakhir pada sekuel Driv3r atau Driver 3. Dimana Tanner yang merupakan seorang detektif dan Jerikho yang merupakan seorang kriminal selamat dari baku tembak menembak di Istanbul dan melarikan diri ke San Francisco. Jerikho akhirnya berhasil ditangkap dan dibawa ke dalam mobil polisi. Sayangnya dia kembali berhasil meloloskan diri lagi dengan mengunakan botol berisi zat asam yang disembunyikan ke dalam mulutnya. Setelah mengalahkan beberapa polisi, dia kemudian membajak mobil polisi tersebut. Tanner yang melihat segera melakukan pengejaran terhadap Jerikho. Kejar-kejaran pun berlangsung di jalan dengan lalu lintas yang padat hingga berakhir setelah terjadi sebuah kecelakaan maut yang menyebabkan Tanner mengalami koma. Permainan akan berlangsung dalam mimpi koma Tanner.


Game ini memberikan kebebasan dalam menjelajahi kota seperti pada sekuel pertamanya dengan lokasi permainan yang luas dan dipenuhi ikon penting, seperti Bay Bridge, piramid Transamerica, dan Oak Land. Terdapat juga sekitar 120 mobil yang berlisensi dan dapat rusak serta hancur, diantaranya terdapat mobil trailer, bus, buggie, mobil Muscle, hingga mobil sport seperti Alfa Romeo, Aston Martin, Dodge, Ford, Shelby, Volkswagen, Lamborghini, dan Cadillac. Dengan beberapa mode pandangan yang dapat kita pilih, mulai dari pandangan ketiga, pandangan dalam kokpit, hingga pandangan sinematik. Kemudian fitur direktor film yang sebelumnya dihilangkan, kini kembali dihadirkan dan kita dapat berkreasi serta berbagi lewat internet untuk ditonton oleh seluruh dunia.

Kemudian fitur baru yang dikemas dalam sekuel ini dinamakan Shift, dimana fitur ini memungkinkan Tanner untuk berpindah dari satu mobil ke mobil lain dengan cepat sambil melanjutkan misinya. Yah, kedengarannya sangat aneh dan tidak masuk akal, tapi fitur ini terlihat cukup menyenangkan. Fitur Shift ini dapat dilakukan secara berulang-ulang tergantung bar meter Shift, jadi pemain harus mengisi ulang bar meter Shift dengan melakukan beberapa trik ataupun stunt, seperti drift, melompat dari ketinggian, ataupun memacu mobil ke arah lalu lintas yang berlawanan arah. Kemampuan Shift juga dapat meningkat seiring berjalannya permainan, sehingga kita bisa pindah ke mobil yang lebih jauh lagi dan fitur Shift ini memungkinkan kita pindah ke segala jenis mobil yang melintas didekat kita. Bahkan kita dapat pindah ke mobil musuh untuk mengambil alih kendali dan menabrakkannya hingga hancur.


Driver San Francisco juga menawarkan pengalaman kejar-kejaran yang sebenarnya seperti adegan yang terdapat pada film Hollywood di jalan yang padat lalu lintas. Sistem pengejaran polisi juga mengunakan sistem ala game Grand Theft Auto. Dimana saat diburu polisi, kamu harus berhasil lolos dengan memacu mobil sejauh mungkin untuk lolos dari jangkauan pandangan mobil patroli polisi dan pada masa diluar jangkauan mobil patroli polisi akan dihitung hingga angka 10 maka keadaan akan kembali normal seperti semula dan tulisan Wanted pada layar permainan akan hilang. Kamu juga dapat bersembunyi ke dalam gang – gang kecil untuk menghindari patroli mobil polisi sambil memantau peta kecil yang menampilkan posisi kita dengan titik berwarna merah dan polisi dengan titik berwarna biru.


Tidak hanya mode Single Player yang terlihat cukup menyenangkan. Mode Multiplayer nya juga cukup membuat kamu betah berlama-lama bermain bersama dengan teman-temanmu. Salahsatunya adalah mode permainan Tag, dimana kamu harus mencuri tahta dari lawanmu dan mempertahankannya selama 100  detik untuk mendapatkan nilai kemenangan. Tentu saja para lawan-lawanmu tidak akan tinggal diam begitu saja. Mereka akan berusaha menabrakmu untuk merebut tahta yang telah kamu miliki dan permainan akan berlangsung di jalan yang padat lalu lintas. Cukup seru khan…

Driver San Francisco
Developer : Ubisoft Entertainment
Publisher : Reflections Interactive
Platform : PC, Xbox360, Playstation 3, Nintendo Wii
Release Date : 06 September 2011

4 COMMENTS

  1. iya. Yang ini pasti specs nya kayak game GTA atau mafia 2.
    Tapi yang Driver Paralines itu gak berat2 amat kok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here