Capcom telah mengandeng pengembang baru untuk melejitkan game Resident Evil mereka yang sempat merosot pada Resident Evil 5. Banyak unsur gameplay yang telah berubah pada sekuel ini. Mari kita simak sampai sejauh mana perubahan game tersebut dalam bahasan dibawah ini.


Cerita game ini mengambil seting insiden Resident Evil 2 dan Resident Evil 3 dengan lokasi di Raccoon City, dimana warga kota telah berubah menjadi zombie yang dikarenakan wabah dari senjata biologis (virus-T) yang dikembangkan secara ilegal oleh perusahaan Umbrella. Dalam game ini kita memerankan salahsatu dari anggota pasukan Umbrella Security Service (USS) dengan misi menghancurkan segala bukti kegiatan ilegal perusahaan mereka. Sedangkan pemerintah US menerjunkan pasukan khusus (Special Ops) dengan tujuan mencegah dan mengambil bukti kegiatan ilegal perusahaan Umbrella yang telah menimbulkan kekacauan besar di Raccoon City. Dan sebagai pasukan USS, kita juga akan memburu tokoh karakter di Resident Evil 2, Leon S. Kennedy yang merupakan seorang anggota Raccoon Police Department (RPD) yang terlibat dengan insiden ini. Keputusan yang kita ambil disepanjang permainan akan sangat menentukan alur cerita game ini.

Perlu diketahui, game yang dikembangkan oleh Slank Six, sang pengembang game SOCOM dengan jenis permainan Team Based Shooter militer menjadikan gameplay Resident Evil Operation Raccoon City menyuguhkan aksi tembak-menembak yang intens dan tidak lagi menjadikan sebuah game survival horor. Mungkin lebih tepatnya game ini berjenis Team Based Shooter Horor, karena misi utama kita dalam game ini memburu dan melenyapkan semua bukti kegiatan ilegal perusahaan umbrella, bukan lagi untuk berjuang mempertahankan hidup atau survive dari teror zombie dan monster bio organik.


jika Resident Evil sebelumnya yang hanya mendukung hingga 2 pemain saja, kini game ini bisa mendukung hingga total 4 pemain dalam mode kooperatif dengan 4 karakter yang dapat pilih, yakni Vector, Spectre, Bertha, dan Beltway. Masing-masing karakter memiliki kemampuan berbeda dan unik, diantaranya Vector dapat menkamuflase dirinya dan Spectre memiliki berbagai gadget seperti kacamata khusus untuk mendeteksi musuh yang bersembunyi dibalik dinding. Sedangkan Bertha dibekali kemampuan menyembuhkan diri dan Beltway memiliki persenjataan berat yang sangat cocok untuk menghadapi zombie yang datang bergerombolan dan memiliki ukuran yang lebih besar.

Tidak hanya berpetualang dari satu tempat ke tempat lain. Disepanjang permainan, kita bakal mengumpulkan poin exp yang didapatkan dari menghabisi musuh untuk dapat membuka 9 abiliti pada masing-masing karakter. Begitu juga halnya pada senjata dalam game ini yang menjanjikan bakal dapat di upgrade juga. Yang lebih menarik lagi, game ini juga akan menghadirkan kembali beberapa area yang telah anda kenal bagi yang pernah memainkan game Resident Evil 1 dan 2. Seperti kantor polisi Raccoon city, ini bakal membuat anda bernolstalgia kembali.


Seperti yang dibeberkan Capcom, total ada 3 kelompok yang saling bertikai dalam game ini, yakni pasukan Umbrella Security Service (USS), pasukan khusus US (Special Ops), dan bio-organic weapons alias monsters yang diciptakan oleh perusahaan Umbrella. Jadi dalam game ini, kita bakal berhadapan dengan banyak jenis musuh, mulai dari manusia, zombie, hingga monster bio organik. Beberapa diantaranya juga dari game Resident Evil sebelumnya, seperti Hunter, Tyrants, dan Nemesis. Hmm…Kelihatannya cukup seru dan rusuh.

Menurut sang pengembang, zombie pada game ini bakal gesit karena dapat merespon dari jarak pandang, suara, dan bau manusia. Selain itu, mereka juga dapat digunakan sebagai alat tameng dan tangan kita yang satunya lagi dapat digunakan untuk memegang senjata dan menembak sambil berjalan. Jika sudah tidak memerlukannya, anda dapat menendang tameng zombie tersebut ke arah musuh untuk membuat musuh yang lain jatuh. Bagian-bagian dari tubuh zombie seperti kaki, tangan dan kepala juga dapat dilumpuhkan.


Hasil Pengamatan
Sejauh ini cukup menarik dan bikin penasaran. Walau gameplay game ini benar-benar tampak baru untuk sekuel Resident Evil, namun tetap saja terlihat sebuah gameplay third person shooter standar. Semoga saja story dan tema Resident Evil bisa memberikan point lebih untuk sekuel ini.

Resident Evil : Operation Raccoon City
Developer : Slank Six
Publisher : Capcom
Genre : Team based Shooter
Release date : tba 2011
Platform : PC, Xbox360, Playstation3

4 COMMENTS

  1. akhir tahun ini bakal di rilis gamenya, kumpul duit dulu buat siapkan spec komputer.
    Iya kayaknya main LAN seru nih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here