Jika anda adalah orang yang belum pernah merasakan pengalaman menggunakan ponsel atau tablet yang dilengkapi dengan layar sentuh seperti iPad atau iPhone, maka dijamin anda kalah kelas dengan primata asal Sulawesi. Di Sulawesi terdapat beberapa ekor Kera Berjambul yang belajar menggunakan iPhone maupun iPad.

Adalah beberapa peneliti dari Universitas Portsmouth yang menjadi aktor di balik kejadian unik tersebut. Para peneliti tersebut akan mengajari para kera tersebut untuk menggunakan perangkat milik Apple tersebut. Tujuan para peneliti itu sendiri adalah untuk mengamati prilaku para primata tersebut, terutama dalam mengekspresikan dirinya dengan menggunakan bantuan teknologi tinggi.

Penelitian tersebut sendiri terbangun berkat kerja sama antara Universitas Portsmouth dengan Marwell Wildlife. Kedua lembaga tersebut berharap hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai data untuk membangun cognitive study center pertama dunia. Fasilitas baru ini akan terlihat seperti pada film-film, di mana terdapat sebuah ruangan kaca yang menjadi tempat pengamatan bagi para ilmuan.

Secara keseluruhan, penelitian ini akan menyangkut pengamatan terhadap bagaimana seekor kera dalam menentukan pilihan, berkomunikasi dan memanfaatkan hubungan sosial. Penelitian ini sendiri dilakukan tanpa mengganggu aktifitas sehari-hara para primata tersebut, dengan begitu mereka tidak akan merasa terganggu atau stress. Jadi, para kera tersebut dapat dengan bebas apakah mereka mau memasuki area penelitian tersebut dan bermain dengan touchscreen yang terdapat di ruangan itu atau tidak.

Dr Waller, salah seorang peneliti mengatakan bahwa metode tersebut dianggap sebagai cara yang paling efisien untuk meneliti tingkah laku hewan. Terlebih kera adalah makhluk yang gampang terlibat dalam interaksi sosial yang kompleks. Sehingga tidak menutup kemungkinan para kera tersebut akan merasa penasaran dan mencoba layar sentuh yang disediakan oleh para peneliti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here