Aplikasi pengolah foto di smartphone saat ini bisa dikatakan sudah menjamur. Dulu ada Camera 360 yang memiliki fitur beautfication yang mampu membuat wajah lebih menarik dengan melakukan “pemolesan” di beberapa bagian seperti dagu, hidung, bahkan besarnya bola mata dapat diolah dengan menggunakan aplikasi tersebut. Lalu muncul aplikasi pengolah foto serupa dengan masing-masing keunggulan dan filter foto yang beragam.

IMG_5337

Nah tapi kini ada salah satu aplikasi pengolah foto yang sama sekali berbeda dengan aplikasi pengolah foto yang beredar saat ini. Adalah Prisma, aplikasi pengolah foto yang mampu mengubah foto Anda menjadi sebuah layaknya lukisan seorang pelukis handal. Bahkan disebut-sebut aplikasi ini adalah yang mampu menyuguhkan filter lukisan yang realistis, dibandingkan dengan aplikasi pengolah foto serupa yang beredar.

prisma-2

Dibalik aplikasi ini, terdapat algoritma khusus yang terdiri dari kecerdesan buatan yang telah dikembangkan dari tahun 2015 silam. Sehingga aplikasi khusus ini mampu mendeteksi foto yang kita pilih dan mengubahnya menjadi sebuah foto layaknya sebuah lukisan karya seorang maestro.

prisma-1

Kita hanya cukup memilih foto yang ingin diubah dari galeri smartphone kita. Setelahnya tinggal pilih ingin nampak serperti apakah foto kita nantinya. Oh ya kita tidak akan menghadapi pengaturan yang rumit karena kita hanya memiliih filter lukisan yang kami rasa lumayan banyak, layaknya aplikasi Instagram.

Pilihan filter yang beragam
Pilihan filter yang beragam

Saat kami mencobanya, untuk mengubah sebuah foto menjadi sebuah lukisan yang nampak nyata memakan waktu yang lebih lama. Berbeda dengan aplikasi pengolah foto yang sering kita jumpai, aplikasi Prisma ini memakan waktu sekitar 20-30 detik untuk pemrosesannya. Hal ini dikarenakan kecerdasan buatan pada aplikasi ini terlebih dahulu memindai foto yang kita pilih sebelumnya.

Sayangnya untuk saat ini aplikasi ini hanya tersedia untuk perangkat smartphone dan tablet dengan platform iOS. Untuk perangkat Android sendiri kabarnya bakal hadir dalam waktu yang sangat dekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here