Prosesor AMD Ryzen Untuk Laptop Telah Diumumkan

Prosesor AMD Ryzen Untuk Laptop Telah Diumumkan

AMD hari ini telah mengumumkan jajaran prosesor Ryzen untuk laptop. Perusahaan tersebut sebelumnya telah merilis prosesor Ryzen untuk desktop PC yang menyasar segmen high-end dan entry-level. Sementara prosesor terbaru yang diluncurkan oleh perusahaan baru-baru ini terdiri dari dua model, yakni Ryzen 5 2500U dan Ryzen 7 2700U. Kedua chip tersebut dirancang khusus untuk laptop super tipis dan laptop portable.

Chip baru ini secara teknis adalah APU (accelerated processing units), yang dimaksud oleh HMD saat mengunggah teaser pada bulan Mei lalu. APU sendiri berarti CPU dan GPU terintegrasi menjadi satu chip tunggal. Kedua prosesor untuk laptop yang diluncurkan AMD terbaru dipasangkan dengan prosesor grafis Radeon Vega.

Untuk prosesor Ryzen 5200U sendiri memiliki clock-speed 2.0GHz yang dapat ditingkatkan hingga 3.6GHz. Sementara untuk AMD Ryzen 2700U sendiri memiliki base clock-speed 2.2GHz yang dapat ditingkatkan menjadi 3.8GHz. Kedua prosesor laptop itu menggunakan daya 15W dengan quad-core dan delapan thread.

Sementara untuk grafisnya, prosesor Ryzen 5 2500U dipasangkang dengan delapan Radeon Vega compute unit dengan clock-speed hingga 1100Mhz. Sementara untuk Ryzen 7 2700U memiliki 10 unit Radeon Vega compute unit dengan clock-speed 1300MHz.

AMD sendiri telah menjanjikan jika prosesor Ryzen yang baru menjanjikan performa CPU lebih dari 200% dibandingkan dengan prosesor laptop generasi sebelumnya dan kinerja grafis meningkat hingga 128%.

Untuk ketersediaanya, AMD mengungkapkan jika chip laptop terbarunya akan tersedia untuk laptop berikutnya dari HP, Acer, dan Lenovo selama musim liburan akhir tahun ini.

NO COMMENTS

Leave a Reply