Kemampuan sebuah smartphone di masa depan bakal terus semakin canggih. Dan ARM yang saat ini dikenal sebagai prosesor mobile terpopuler dunia pun terus melakukan inovasinya. Mereka pun baru saja mengungkapkan rencana prosesor ARM Cortex-A72 yang bakal dirilis pada tahun 2016.

Lalu peningkatan apa saja yang bakal diberikan ARM pada desain prosesor terbarunya itu? Peningkatan yang paling mencolok adalah pada bagian grafisnya. Chip itu disebutkan bakal bisa merekam video 4K pada kecepatan 120fps. Hal ini pun jauh meningkat dibandingkan kemampuan ponsel sekarang yang mampu merekam video 4K pada kecepatan 30fps.

cortex a72

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, chip Cortex-A72 ini memiliki kemampuan 50 kali lebih cepat dibandingkan chip prosesor mobile lima tahun lalu. Selain itu, kalau dibandingkan dengan ARM Cortex A15 yang ada pada smartphone Galaxy S5, terdapat peningkatan performa sebesar 3,5 kali.

ARM juga menyebutkan kalau penggunaan GPU Mali T880 juga bakal memberikan pengalaman bermain game seperti di konsol. GPU tersebut mempunyai performa 1,8 kali lebih tinggi dibandingkan chip yang sekarang dan juga secara native mendukung konten 4K. Hal ini berkat penggunaan teknologi proses 16nm yang membuat chip tersebut juga mempunyai efisiensi energi yang tinggi.

via TNW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here