Wow! Begitulah saat penulis mendapati informasi jumlah core yang terdapat pada prosesor terbaru Intel. Ternyata diam-diam mereka telah meluncurkan prosesor terbaru dengan 18 core bahkan prosesor ini telah digunakan pada beberapa klien mereka.

Menurut CPU World, Xeon E7 yang memiliki 18 core dengan teknologi Hyper Threading serta cache last level 45 MB, serta 2 pengendali memori dual channel DDR3/DDR4 yang kompatibel dengan scalable memory buffer Jordan Creek 2 (SMB) mendukung sampai 1536 GB memori per prosesor.

intel xeon e7 v3

Xeon E7-8895 v3 berjalan pada kecepatan dasar 2.60GHz dan mencapai 3.50GHz untuk kecepatan turbo maksimumnya. Pendahulunya yaitu Xeon E7-8890 v3 bekerja pada clock 2.50GHz/3.30GHz.

Ternyata selain jumlah core yang wah, prosesor baru ini memungkinkan pengguna mengubah jumlah core serta frekuensi CPU tanpa menyentuh hardware bahkan tidak perlu restart/reboot sistem loh.

Namun hanya server dari Oracle saat ini yang memungkinkan fitur keren ini berfungsi di mana inovasi yang bisa melakukan hal ini terletak pada BIOS sistem dan kernel perangkat lunak dari sistem operasi.

Dan memang saat ini kebutuhan prosesor yang dahsyat semacam ini memang pada kebutuhan enterprise atau perusahaan yang berskala besar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here