Prosesor Intel Core Generasi Ke 8 “Coffee Lake” Bakal Melakukan Debut Tanggal...

Prosesor Intel Core Generasi Ke 8 “Coffee Lake” Bakal Melakukan Debut Tanggal 21 Agustus Mendatang

Rumor terkait keberadaan prosesor Coffee Lake yang digembar-gemborkan beberapa waktu belakang ini tampaknya bakal menemui titik terang seiring adanya kabar terbaru dari Intel yang akan mengumumkan secara resmi keberadaan prosesor Intel Core generasi ke 8 tersebut bertepatan dengan akan digelarnya Facebook Live webcast pada 21 Agustus mendatang.

Peresmian ini sendiri kabarnya bakal dilakukan oleh Gregory Bryant, yang saat ini menjabat sebagai senior vice president of the Client Computing Group di Intel, yang sebelumnya juga pernah memperkenalkan keberadaan prosesor Coffee Lake di awal-awal penyelenggaraan ajang pameran Computex yang lalu. Menurut presentasi yang dilakukannya saat itu, prosesor Coffee Lake terbaru mendatang diklaim bakal mengusung kinerja 30% lebih banyak dibanding prosesor Kaby Lake generasi ke 7 yang ada saat ini.

Sementara perihal adanya beberapa error dalam sejumlah benchmark prosesor Coffee Lake yang dilakukan oleh vendor dan begitu pula dengan presentasi aslinya tidak terkecuali, tampaknya tak menghalangi Intel untuk menghadirkannya dalam waktu dekat ini. Kabar tak menyenangkan itu kemungkinan dipicu karena adanya penurunan metrik kinerja prosesor dari tolok ukur pra-silikon, yang berarti margin of error terbuka sangat besar. Selain itu, Intel juga tampaknya membandingkan prosesor generasi ke 8 dengan model generasi sebelumnya dengan lebih sedikit thread, sehingga sebagian besar perbaikannya kemungkinan tidak berasal dari peningkatan IPC/arsitektural yang signifikan.

Bagaimanapun juga, itulah janji Coffee Lake yang bakal mengusung lebih banyak core dan therad dibanding model prosesor Intel sebelumnya yang seharusnya bisa membantu Intel menghalau prosesor AMD Ryzen yang berhasrat kembali bangkit. Tidak seperti AMD dengan Ryzennya, tampaknya Intel akan terus menawarkan grafis terintegrasi dengan model prosesor terbarunya tersebut.

Meskipun jadwal peluncuran Coffee Lake masih belum pasti sejauh ini apakah akan bakal dirilis pada akhir tahun ini ataukah awal tahun depan, namun dengan adanya kabar tersebut tampaknya bakal mengawali peluncuran awal. Hal ini tentunya sejalan dengan spekulasi sebelumnya yang menyebutkan kalau Intel akan menghadirkan prosesor Coffee Lake lebih awal yaitu sekitar musim liburan atau bahkan sebelumnya.