Pada peluncuran iPhone seri 6 dan 6 Plus tahun lalu, banyak yang mengeluhkan karena mengalami bending alias bengkok. Namun ternyata, tidak hanya perangkat iPhone saja yang mengalami pembengkokan, tapi juga dialami oleh prosesor terbaru dari Intel, Skylake.

skylake

Dikutip dari Hexus, Senin (7/12/2015), disebutkan bahwa terdapat beberapa pengguna yang mengeluhkan, saat mereka hendak membersihkan komputer, mereka mendapati prosesor Intel Skylake mereka mengalami pembengokan di bagian tepinya.

skylake-bending-0

Informasi ini awalnya beredar dari sebuah situr asal Jerman, PC Gamers Hardware, yang mengatakan bahwa pembengkokan tersebut berasal dari penggunaan pendingin aftermarket, atau pihak ketiga. Banyak yang menyalahkan karena dengan menipisnya substrat dari Intel Skylake tersebut, pembengkokan ini terjadi. Akhirnya banyak para vendor pendingin aftermarket yang memberikan pernyataan yang berbeda.

Seperti dari Arctic, EKWB, Noctua, Thermaltake, Thermalright, NZXT, Cooler Master dan Scythe, yang masing-masing memberikan pernyataan yang sama, intinya, sistem pendinginan dari mereka semua, baik pendingin kipas ataupun air, tidak ada laporan yang mengatakan bahwa produk dari mereka tidak ada yang mengalami pembengokan dengan menggunakan masing-masing dari produk mereka semua. Mereka semua juga mengatakan bahwa produk-produk mereka dapat digunakan di soket 1151.

skylake-bending-01

Namun Scythe sendiri yang nampaknya menjadi pusat akan masalah ini, sehingga bagi pengguna Scythe Ashura, Mugen 4, Mugen 4 PCGH-Edition, Fuma, Ninja 4, Grand Kama Cross 3, Mugen Max dan Kotetsucan, dapat meminta penggantian sekrup set secara gratis. Di sisi lain, Corsair sendiri belum memberikan klarifikasi apapun mengenai hal ini.

Ketebalan yang berbeda, antara prosesor Intel Skylake (kiri) dengan Intel Broadwell (kanan)
Ketebalan yang berbeda, antara prosesor Intel Skylake (kiri) dengan Intel Broadwell (kanan)

Pihak Intel sendiri mengatakan bahwa memang benar pada Intel Skylake ini menggunakan substrat yang lebih tipis, sehingga ketebalannya lebih tipis, tidak seperti prosesor sebelumnya, Haswell dan Broadwell.

Jika kalian adalah pengguna prosesor Intel Skylake ini, apakah mengalami hal yang sama?

(ND/Hexus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here