You are currently viewing Prosesor Nvidia Tegra 4i Quad Core Resmi Diluncurkan dengan Arsitektur ARM Cortex A9 R4 Berkecepatan hingga 2.3GHz

Prosesor Nvidia Tegra 4i Quad Core Resmi Diluncurkan dengan Arsitektur ARM Cortex A9 R4 Berkecepatan hingga 2.3GHz

Prosesor Nvidia Tegra 4 terbaru ternyata bukan menjadi satu-satunya produk anyar dari Nvidia di tahun ini. Mereka baru saja memperkenalkan produk prosesor mobile terbarunya yakni Nvidia Tegra 4i yang juga merupakan prosesor quad core.

Prosesor terbaru ini pun masih menggunakan arsitektur berbasis ARM Cortex-A9. Bedanya, pihak Nvidia telah melakukan sedikit modifikasi pada prosesor ini dan menyebutnya sebagai Cortex A9 R4. Mereka pun mengatakan bahwa dibandingkan dengan ARM Cortex A9 standar, prosesor ini pun memiliki beberapa kelebihan.

Yang pertama adalah dalam permasalahan performa. Pihak Nvidia mengatakan bahwa prosesor ini mampu memberikan performa 15 persen hingga 30 persen lebih tinggi dibandingkan standar A9. Dan, prosesor ini pun bisa diatur dengan kecepatan hingga 2.3GHz.

Untuk masalah efisiensi power, prosesor yang satu ini pun memberikan fitur tambahan. Fitur tersebut adalah adanya core companion kelima yang bida digunakan untuk membantu tugas yang sangat intensif. Selain itu, prosesor ini juga memiliki bentuk yang lebih kecil dan konsumsi baterai yang minim.

Bersamaan dengan peluncuran chip tersebut, Nvidia juga mengumumkan desain referensi smartphone untuk prosesor terbarunya itu bernama Phoenix. Handphone ini pun memiliki desain yang tipis 8mm dengan layar berukuran 5 inci full HD dan konektivitas LTE. Menurut rencana, pihak Nvidia akan mulai memasarkan prosesor ini pada kuartal ketiga 2013.

(Via Phonearena)

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply