Prosesor Untuk Desktop Entry-Level AMD Ryzen 3 Telah Meluncur

Prosesor Untuk Desktop Entry-Level AMD Ryzen 3 Telah Meluncur

AMD telah mengumumkan jajaran prosesor terbarunya, yakni AMD Ryzen series. Setelah sebelumnya meluncurkan prosesor Ryzen 5 dan Ryzen 7 yang ditujukan untuk segmen menengah ke atas, kini giliran seri AMD Ryzen 3 telah meluncur untuk komputer segmen entry-level. Pada seri entry-level ini, terdapat dua model prosesor, yakni Ryzen 3 1200 dan Ryzen 3 1300X. 

Untuk model termurah, yakni AMD Ryzen 3 1200 memiliki prosesor quad-core dan empat thread yang memiliki clockspeed dasar 3.1GHz dan dapat meningkat menjadi 3.4GHz. Untuk harganya, prosesor ini dibanderol seharga $109 atau setara dengan Rp1,4 jutaan.

Sementara AMD Ryzen 3 1300X juga memiliki prosesor quad-core dan empat thread dengan clockspeed dasar 3.5GHz yang dapat meningkat menjadi 3.7GHz. Bahkan clockspeed dapat meningkat menjadi 3.9GHz dengan XFR, namun dengan catatan Anda menghilangkan stock Wraith Stealth cooler. Untuk harganya, prosesor ini dibanderol seharga $129 atau setara dengan Rp1,7 jutaan.

Kedua prosesor ini sama-sama memiliki 65W TDP dan didasarkan pada platform socket AM4 dan kompatibel dengan motherboard yang menggunakan chipset X370, B350 dan A320.

Dari namanya, tentu kita bisa menebak jika seri prosesor Ryzen 3 ini akan bersaing dengan prosesor Intel Core i3. Seperti yang kita ketahui, prosesor Intel Core i3 saat ini hanya memiliki prosesor dual-core dengan empat thread. Dengan begitu, tentu AMD bisa menyaingi rivalnya. Meski prosesor Intel memiliki GPU onboard, namun hal tersebut bukan masalah bagi AMD mengingat saat ini banyak orang yang lebih memilih menggunakan kartu grafis diskrit. Selain itu, jika Anda ingin overclock prosesor ini hanya membutuhkan motherboard B350, sementara Intel Core i3 membutuhkan motherboard Z270 yang hargnya lebih mahal.

 

 

NO COMMENTS

Leave a Reply