VIA adalah pemain lama tapi di Indonesia akhir-akhir ini tidak terdengar lagi karena memang PC sudah turun pamornya dan VIA belum memiliki produk andalan di dunia mobile maupun desktop sendiri. Kali ini VIA menyiapkan desain prosesor baru berbasis x86 64 bit bernama VIA Isaiah II yang menggunakan desain baru oleh VIA dan tim insinyur baru dari Centaur Technology yang telah mereka akuisisi.

via-logo

VIA akan meluncurkan prosesor quad core berbasis Isaiah II dan saat dibandingkan dengan prosesor Intel’s “Bay Trail” Atom dan AMD’s “Kabini” Athlon, performa Isaiah II tergolong oke bahkan bisa mengalahkan kompetitornya dalam beberapa aspek.

Prosesor Quad Core tersebut rencananya akan memiliki kecepatan clock 2.00 Ghz dengan 2MB L2 cache. Dalam perbandingan dengan AMD Athlon 5350 (quad-core “Jaguar” 2.05 GHz clocks), serta Intel Atom Z3770 (quad-core “Silvermont” 2.40 GHz clocks) di mana hasilnya dapat dilihat pada tabel berikut.

VIA-ISAIAH-II-benchmark

Kemungkinan chip quad core berbasis VIA ISAIAH II akan diluncurkan tak lama lagi, semoga saja kali ini VIA benar-benar kembali di pasar menghadirkan chip dengan harga rendah dan performa yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here