Pabrikan ponsel Kanada Research In Motion bergerak maju dengan pengembangan smartphone BlackBerry pertama yang akan berjalan di bawah platform QNX, bahkan kini kabar terbarunya pihak RIM telah berhasil mengembangkan perangkat prototipe terbaru terkait hal itu.

Setelah keberhasilan membesut BlackBerry PlayBook sebagai armada tablet PC pertamanya dengan sistem operasi baru berdasarkan QNX, kabarnya RIM berencana menerapkan dan mengusung platform basis QNX-nya tersebut pada jajaran smartphone BlackBerry-nya.

“Kami sedang mengembangkan smartphone multi-core, dan QNX adalah platform multi-core Kami Yang diperuntukkan untuk perangkat-perangkat tersebut”, kata Mike Lazaridis selaku co-CEO RIM pada waktu itu.

Meskipun belum diketahui secara pasti sejauh ini, namun salah seorang bernama Carlo Chiarello yang menjabat sebagai VP unit bisnis GSM/UMTS pada RIM, menegaskan bahwa saat ini pihaknya telah mengembangkan prototipe berbasis QNX tersebut. Dan dia sayangnya tidak mengungkap secara rinci mengenai smartphone berbasis QNX pertama RIM tersebut danĀ  hanya menyampaikan kemungkinan smartphone yang hadir bisa saja full touch.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihak RIM sendiri berencana akan merilis perangkat Storm terbarunya yang didasarkan pada QNX ini. Dan sejauh ini, tampaknya masih belum dapat dipastikan apakah smartphone tersebut akan menawarkan pengalaman serupa dengan yang BlackBerry Playbook tawarkan atau tidak.

“Kenyataannya bahwa tim Kami telah melakukan pekerjaan yang fenomenal dalam periode waktu yang singkat untuk melakukan apa yang mereka lakukan pada Playbook”, ujar Carlo Chiarello dalam sebuah artikel terbaru pada catatan TechRadar.

“Pengalaman [QNX] akan mulai masuk ke jajaran produk canggih Kami. Saya tidak bisa mengatakan kapan dan Saya tidak diperkenankan mengungkap hal itu. Tapi yang pasti, itu semua benar-benar bagian dari apa yang Kami kerjakan sekarang”.

“Saya dapat memberitahu Anda bahwa perangkat tersebut akan segera hadir ke proposisi nilai yang lebih tinggi yang pertama. Kemungkinan juga akan menghadirkan semua-sentuhan pertama, bahkan mungkin saja lebih… tapi Saya tidak bisa mengatakan waktunya. Yang pasti perangkat tersebut tampak luar biasa tentunya!”

Handset QNX pertama dari RIM yang akan dirilis sebelum akhir tahun depan, diperkirakan bakal diusung dengan processor multi-core. Ya, Kita lihat saja nanti!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here