Serangan para peretas atau akrab disapa hacker memang nampaknya memberikan dampak yang sangat mengerikan. Tidak hanya membuat lambat atau melumpuhkan situs agar tidak dapat diakses. Bahkan ada juga yang menanami sebuah kode jahat agar para peretas ini dapat mengetahui data-data para pengguna yang mengakses situs yang telah diserang para hacker tersebut.

hacker-00

Seperti yang dialami pada salah satu provider Internet di Inggris, TalkTalk baru-baru ini. Dilansir dari Reuters, Jumat (23/10/2015), bahwa serangan yang menarget situs mereka mengakibatkan data-data para pelanggan dicuri. Pihak TalkTalk sendiri mengatakan bahwa mereka sedang melakukan investigasi, namun mereka juga sangat was-was karena ditakutkan bahwa data pelanggan yang dicuri tersebut sangatlah lengkap, seperti nama, alamat, tanggal lahir, nomor telepon, alamat email, informasi akun TalkTalk, rincian kartu kredit, atau rincian bank.

talk-talk-logo-_1361791a

Kepala Eksekutif TalkTalk, Dido Harding mengatakan bahwa memang masih terlalu cepat untuk menyatakan bahwa berapa banyak data yang dicuri, namun pihaknya telah menginformasikan kepada para pelanggan untuk melakukan pengecekan terhadap akun masing-masing pelanggan. Dihimbau juga untuk menghapus data bank dan kartu kredit karena data ini sangat vital.

Harding menambahkan bahwa para pelanggannya jelas akan merasakan efek dari semua ini. Dia tidak tahu persisi seperti apa gangguan yang dialami para pelanggannya, namun pihaknya sudah berusaha untuk mengambil langkah pencegahan untuk menghindari suatu yang buruk terjadi.

Sebelumnya pada Agustus lalu dikabarkan bahwa TalkTalk sendiri mengalami masalah pada sistem keamanan mereka. Sistem pada situs ritel milik mereka, Carphone Warehouse yang diserang kawanan hacker berimbas pada lumpuhnya komunikasi para pengguna mobile, seperti smartphone dan tablet.

(ND/Reuters)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here