Awal peluncuran Xiaomi Mi 5s dan Mi 5s Plus beberapa hari yang lalu, keduanya sukses menjadi perhatian. Selain karena mengusung fitur-fitur terbaru, kedua smartphone ini juga dikatakan perusahaan mengusung chipset terbaru dan tercepat dari Qualcomm, yakni Snapdragon 821. Tetapi ada satu hal yang menjadi pertanyaan publik, di mana jika Mi 5s benar-benar mengusung chipset Snapdragon 821, mengapa clockspeed yang dimiliki hanya 2.15GHz.

xiaomi-mi5s-official-02

 

Seperti yang kita ketahui, clockspeed 2.15GHz merupakan clockspeed maksimum chpiset Snapdragon 820. Ini berbeda dengan Mi 5s Plus yang memiliki clockspeed 2.35GHz yang merupakan clockspeed wajar bagi Snapdragon 821. Untuk memecahkan rasa penasaran, seseorang telah memeriksa perangkat dengan aplikasi populer, CPU-Z untuk mengkonfirmasi kebenarannya.

cpu-z-mi-5s

Aplikasi ini menunjukkan Mi 5s memang menggunakan chipset Snapdragon 821 yang juga berjalan dengan nama model MSM8996Pro. Namun, CPU bukanlah satu-satunya hal yang di bawah clockspeed seharusnya, karena GPU juga di bawah-clock 624MHz bukannya 653MHz seperti yang dimiliki oleh Mi 5s Plus.

Meskipun Xiaomi Mi 5s mungkin memiliki prosesor di bawah-clock normal, namun itu masih memiliki kecepatan yang lebih tinggi daripada model Mi 5, di mana chipset Snapdragon 820 hanya memiliki clockspeed 1.8GHz untuk model basic. Entah apa alasan Xiaomi memutuskan untuk menurunkan clockspeed CPU dan GPU pada Mi 5s, namun kita hanya bisa berasumsi bahwa hal itu dilakukan oleh Xiaomi untuk alasan terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here