Mungkin nama perusahaan asal Tiongkok ini belum sering terdengar atau bahkan mungkin beberapa dari kita belum pernah mendengarnya sama sekali. Perusahaan satu ini memang pendatang baru di dunia smartphone dan menurut kabar yang beredar, perusahaan akan segera menghadirkan ponsel pertama mereka.

Qiku Smartphone-1

Jika mungkin Anda pernah mendengar perusahaan anti virus asal Tiongkok Qihoo 360, ya perusahaan QiKu merupakan gabungan antara Qihoo 360 dan Coolpad yang merupakan produsen smartphone yang berasal dari negara yang sama. Pada awal tahun lalu kedua perusahaan mendirikan sebuah perusahaan baru yang akan menggarap ponsel berbasis sistem operasi Android yang awalnya akan ditujukan ke pasar smartphone Tiongkok.

Sempat beredar gambar-gambar mengenai produk dari QiKu ini yang menampilkan body dari smartphone mereka terbuat dari logam yang memiliki ketebalan yang sangat tipis dan dilengkapi dengan fitur sistem lensa ganda, sensor pemindai sidik jari, dan pemindai iris untuk memindai mata Anda. Menurut rumor yang beredar sebelumnya, ponsel pertama QiKu aka mengusung chipset Snapdragon 820 namun sepertinya rumor tersebut seakan terbantahkan.

Qiku

Setidaknya rumor baru bermunculan bahwa ponsel dari QiKu ini muncul di AnTuTu dengan spesifikasi yang diusungnya. Menurut daftar AnTuTu, smartphone QiKu mendatang akan memiliki layar dengan resolusi 1920×1080 dan akan mengusung SoC¬†Snapdragon 808 (MSM8992) 64-bit hexa-core. Sementara untuk pengolah grafisnya menggunakan Adreno 418 dan berjalan pada sistem operasi Android Lollipop 5.1.

Daftar AnTuTu dari samrtphone QiKu (Kredit: AndroidHeadlines)
Daftar AnTuTu dari samrtphone QiKu (Kredit: AndroidHeadlines)

Pada segi fotografinya, nampaknya smartphone yang belum diketahui namanya ini akan mengusung kamera belakang berkekuatan 13MP dan untuk kamera depannya berkekuatan 8MP untuk kegiatan selfie ataupun video call. Untuk kapasitas memorinya smartphone ini telah mendukung RAM sebesar 3GB dan penyimpanan internal sebesar 32GB.

Entah rumor itu benar atau tidak, tapi sepertinya spesifikasi yang mengusung Snapdragon 808 cukup masuk akal. Rumor smartphone ini mengusung Snapdragon 820 kian terbantahkan, pasalnya Snapdragon 820 sendiri akan diusung oleh smartphone setidaknya akhir tahun ini atau bahkan awal tahun 2016 mendatang.

Dengan spesifikasi tersebut, pasti masyarakat bertanya-tanya berapa kocek yang harus dirogoh untuk smartphone QiKu mendatang. Nah, menurut rumor yang beredar sebelumnya, smartphone ini akan dibanderol dengan harga CNY 3.999 atau sekitar 8,8 juta Rupiah, tentunya ini tegolong harga smartphone premium. Namun dengan minimnya informasi yang beredar, belum bisa dipastikan berapa harga pasti smartpone QiKu mendatang.

Jika informasi harga yang beredar itu benar adanya, maka smartphone QiKu akan menghadapi persaingan yang sangat ketat dengan merek-merek lain yang memiliki harga yang sangat kompetitif. Sebut saja produsen lain seperti Zuk yang telah meluncurkan Zuk Z1 dengan banderol harga CNY 1799 atau sekitar 4 juta Rupiah. Belum lagi dengan hadirnya handset lain seperti Meizu MX5 dan OnePlus 2 diluar sana, tentu harga yang dibanderol ponsel-ponsel tersebut jauh lebih terjangkau daripada ponsel QiKu (Setidaknya berdasarkan rumor yang beredar).

Sepertinya QiKu akan menghadirkan smartphone baru mereka pada akhir tahun 2015 ini, namun ini juga belum bisa dipastikan, sebab pihak QiKu sendiri belum mengkonfirmasi tentang kehadiran smartphone baru mereka. Kita nantikan saja kabar yang berkembang selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here