Masih ingatkah Qualcomm mengumumkan akan merilis prosesor terbaru mereka untuk ponsel pintar dengan seri Snapdragon 820 pada Mobile World Congress pada Maret lalu? Namun pada saat itu Qualcomm sendiri masih malu-malu untuk mengumumkan spesifikasi detail prosesor tersebut sehingga banyak publik yang bertanya-tanya seperti apa kehebatan prosesor terbaru dari Qualcomm tersebut. Akibatnya banyak rumor yang beredar akan spesifikasi prosesor tersebut.

Namun rumor tersebut akan terjawab, dilansir dari Phone Arena, terdapat informasi dari Tiongkok yang mengatakan bahwa Qualcomm akan mengumumkan secara resmi secara detail spesifikasi prosesor tersebut pada 11 Agustus mendatang di sebuah acara konferensi pres khusus yang diselenggarakan di Las Vegas.

Snapdragon-820-tech
Qualcomm perkenalkan Snapdragon 820 pada Mobile World Congress 2015 Maret lalu (Kredit: WCCFtech)

Seperti yang telah diketahui, jajaran prosesor Qualcomm dengan seri Snapdragon 810 tidak terlalu membuahkan hal manis. Hal ini dikarenakan banyak keluhan dari pengguna ponsel pintar berprosesor Snapdragon 810 ini mengalami panas berlebih bahkan penurunan performa yang lumayan signifikan akibat dari panas tersebut, seperti para pengguna ponsel pintar HTC M9 dan Sony Xperia Z3+. Fakta lainnya adalah, bahwa Qualcomm sendiri sedang mengalami krisis finansial yang berimbas pada pemberhentian paksa pegawai kurang lebih sebesar 15%.

Banyak rumor yang beredar bahwa prosesor Qualcomm dengan kode penamaan “Kryo” ini akan menggunakan infrastruktur quad-core,  yang ditanami dengan dual-core berkecepatan 1.7GHz dan dual-core lainnya berkecepatan 2.2GHz. Tidak hanya itu, rumor yang beredar juga mengatakan bahwa prosesor ini akan dipersenjatai dengan pengolah grafis andalan mereka, Adreno dengan seri 530 yang berjalan pada kecepatan 650MHz. Fitur lainnya adalah dukungan terhadap LPDDR4 RAM, integrasi LTE Cat. 10, serta penggunaan teknologi FinFet yang memungkinkan ukuran dari prosesor ini menjadi lebih mungil dan hemat energi.

Namun jangan khawatir dengan rumor yang beredar sekarang, karena Qualcomm akan menjawabnya pada 11 Agustus mendatang, sehingga kita bisa tahu pasti spesifikasi apa yang akan diumumkan Qualcomm untuk bersaing dijajaran prosesor untuk kelas ponsel pintar.

Apakah anda termasuk yang menanti spesifikasi detail dari Qualcomm Snapdragon 820 ini? Kita tunggu saja dalam hitungan hari.

Via: Phone Arena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here