Pesawat tak berawak yang tersambung ke internet akan diperlukan untuk bisa berkomunikasi saat mengirimkan paket, video streaming atau berkoordinasi dengan dunia luar. Tapi seberapa baik bisa mengendalikannya melalui koneksi data LTE saat berada ratusan kaki di atas tanah? ya alangkah baiknya kalau Kita mencari tahu dengan apa yang baru saja dilakukan oleh Qualcomm baru-baru ini.

qualcomm uji coba drone LTE 00
Sehubungan dengan hal itu, perusahaan pembuat chip itu dikabarkan baru saja mengungkap hasil uji cobanya untuk mengetahui seberapa efektift jangkauan jaringan internet di atas ketinggian. Dan untuk menunjang uji coba ini, Qualcomm sendiri telah melibatkan penggunaan pesawat tak berawak (drone) yang dibekali dengan koneksi jaringan LTE.

Setelah melakukan uji coba lebih dari 1.000 penerbangan menunjukkan kalau jaringan seluler yang ada telah melakukan tugas seperti yang diinginkan. Drone masih akan mendapatkan sinyal LTE yang kuat di ketinggian hingga 400 kaki (sekitar 121,92 meter) dari atas tanah, dan drone tersebut mendapatkan cakupan yang sebanding.

Ada progress perbaikan yang ingin dibuat Qualcomm dalam uni coba ini. Selain langkah-langkah diambil untuk meminimalkan gangguan di ketinggian dan tweak daya sinyal yang memungkinkan lebih banyak pesawat tak berawak LTE beterbangan di langit sekaligus, pembuat chip tersebut tampaknya menginginkan perangkat lunak yang lebih baik dalam menangkap sinyal sel menara terkuat. Untuk lebih mengoptimalkan hasil uji cobanya ini, Qualcomm diharapkan bisa berbagi temuannya dengan perusahaan lain dan grup standar nirkabel 3GPP di masa yang akan datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here