Tak terasa sudah enam bulan lamanya sejak diperkenalkannya teknologi Quick Charge 4.0, Qualcomm dikabarkan baru saja kembali menggulirkan teknologi Quick Charge 4.0+, yang proses pengisiannya lebih cepat dari pendahulunya, yang memungkinkan smartphone terisi menjadi 50% hanya dalam 15 menit saja.

Quick-Charge-4.0
Tampaknya, Qualcomm telah berhasil menambah sejumlah fitur terbaru ke teknologi charge-nya yang cepat. Alih-alih bukannya langsung beranjak mengeluarkan versi terbarunya yaitu Quick Charge 5.0, namun Qualcomm malah meluncurkan perbaikan versi 4.0 sebelumnya yaitu Quick Charge 4.0+, yang terutama menawarkan tiga perbaikan signifikan selama teknologi tahun lalu.

Yang pertama disebut Dual Charge, yang hadir dalam versi teknologi sebelumnya namun sekarang lebih kuat dari sebelumnya. Dengan Dual Charge, arus pengisian akan dibagi memungkinkan untuk disipasi termal yang lebih rendah dan waktu pengisian yang berkurang (sampai 15%).

Lalu, ada Intelligent Thermal Balancing, yang melakukan arus melalui jalur paling keren secara otonom, sehingga menghilangkan pengolahan panas yang diperuntukan bagi penyaluran arus power yang lebih optimal.

Terakhir, beberapa fitur canggih telah diimplementasikan juga, yang dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan saat pengisian daya. Misalnya, Quick Charge 4.0+ dapat memantau masalah yang terjadi dan juga level temperatur konektor pada saat yang bersamaan, yang seharusnya mencegah overheating dan short-circuit, atau bahkan kerusakan pada konektor Tipe-C.

Berkat ketiga perbaikan terbaru ini, Quick Charge 4.0+ dapat mengisi daya perangkat hingga 15% lebih cepat, dan 30% lebih efisien bila dibandingkan dengan Quick Charge 4.0.

Menurut Qualcomm, smartphone pertama yang menyertakan teknologi Quick Charge 4.0+ terbaru adalah Nubia Z17, yang diresmikan awal pekan ini. Handset ini hadir dengan baterai 3.200 mAh, processor Snapdragon 835, serta RAM 8GB dan penyimpanan 128GB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here