Baru-baru ini Qualcomm telah mengumumkan kemitraan dengan tiga perusahaan untuk mencapai tujuan membuat perangkat VR mobile baru miliknya. Ketiga perusahaan yang bekerjasama dengan Qualcomm adalah Bosch Sensortec, OmniVision dan Ximmerse, dimana masing-masing perusahaan memiliki peran yang penting dalam membuat headset VR mobile terbaru milik Qualcomm.

Snapdragon-VR820-back

Pertama, sensor orientasi BMX055 milik Bosch Sensortec akan digunakan dalam Program Akselerator Head Mount Display (HMD) oleh Qualcomm. Ini mencakup berbagai jenis sensor seperti accelerometer, giroskop dan magnetometer.

Qualcomm juga akan menggunakan sensor gambar OV9282 1-megapiksel yang diaktifkan dengan shutter berkecepatan tinggi di HMD Accelerator Program (HAP). Headset VR ini juga akan dilengkapi dengan controller Ximmerse yang dioptimalkan untuk digunakan dengan chipset Snapdragon untuk perangkat mobile. Selain itu, Flip controller dari Ximmerse akan memberikan latency yang lebih rendah dan drift-free tracking dengan presisi yang akurat.

HMD Accelerator Program diumumkan oleh Qualcomm pada bulan Februari tahun ini yang dirancang untuk membantu hardware virtual reality milik perusahaan pihak ketiga. HAP juga dapat membantu mengurangi biaya rekayasa dan mengurangi waktu pembuatan produk VR, serta mengurangi waktu pengiriman produk baru. Virtual Reality Development Kit dan referensi headset VR yang berbasis pada Snapdragon 835 adalah beberapa item yang disediakan sebagai sumber daya untuk pihak ketiga (OEM).

OEM dapat memproduksi HMD mereka sendiri melalui referensi item yang disediakan atau mereka dapat bekerja dengan ODM berpengalaman seperti Goertek atau Thundercomm untuk mempersonalisasi Snapdragon 835 VR HMD sesuai dengan persyaratan komersial mereka. Bahkan di Tiongkok, banyak referensi desain Snapdragon 820 VR HMD berbasis standalone VR HMD yang sudah tersedia.

Pada bulan Mei lalu, Google dan Qualcomm telah berkumpul di ajang Google I/O 2017 untuk mengumumkan headset VR standalone baru yang ditenagai oleh chipset Snapdragon 835, dimana headset baru tersebut diharapkan siap meluncur pada akhir tahun 2017 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here