Qualcomm telah mengumumkan bahwa mereka telah menciptakan perangkat yang dapat mencapai kecepatan internet hingga 1Gbps. Perangkat yang ditujukan untuk konsumen biasa tersebut juga hasil racikan dari beberapa produsen ternama, seperti Netgear, Ericsson yang digabungkan dengan teknologi dari operator seluler asal Australia, Telstra.

qualcomm

Namun tidak sampai disitu saja ternyata, karena Qualcomm telah mempersiapkan modem terbaru mereka dengan kecepatan yang lebih kencang. Seperti yang dilansir dari Engadget, Rabu (19/10/2016), pada acara Qualcomm 4G/5G Summit yang berlangsung di Hong Kong ini mereka memperkenalkan modem Snapdragon X50.

Modem ini bakal menjadi modem 5G pertama mereka dengan kecepatan yang mampu menembus kecepatan hingga 5Gbps. Tentu perangkat apapun dengan jaringan 4G LTE saat ini belum ada yang mampu meraih kecepatan tersebut, karena rata-rata perangkat yang ada di pasaran saat ini hanya mampu mencapai 450Mbps saja.

qualcomm-x50

Qualcomm sendiri mengatakan bahwa modem Snapdragon X50 ini tidak akan digunakan pada perangkat smartphone atau apapun. Mereka pertama-tama ingin mencobanya pada ajang Olimpiade musim dingin yang berlangsung di Korea Selatan 2018 mendatang. Disitu Qualcomm bakal melakukan percobaan jaringan 5G pertamanya.

Modem Snapdragon X50 ini bekerja menggunakan gelombang 28GHz, dengan bandwidth yang didukung 800MHz melalui konfigurasi opetator seluler 8x100MHz. Sayangnya dengan gelombang sebesar ini tidak dapat menembus dinding yang tinggi, sehingga perlu antena dengan array yang besar, seperti 16, 24 atau 32.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here