Jika tren smartphone saat ini menggunakan sensor kamera beresolusi 48MP, tampaknya dalam waktu dekat tren akan berkembang menjadi lebih tinggi. Hal ini menurut keterangan Senior Director of Product Management Qualcomm dalam sebuah wawancara yang mengungkapkan bahwa smartphone dengan kamera 46MP dan 100MP akan datang pada tahun 2019 ini.

Namun kamera ultra-megapiksel yang sangat tinggi di smartphone bukanlah arah yang diinginkan Qualcomm untuk pasar. Sementara chipset Snapdragon saat ini (SD660, 670, 675, 710, 845, 855) mendukung resolusi hingga 192MP, fitur-fitur seperti pengurangan noise multi-frame dan zero shutter lag harus dinonaktifkan untuk mencapai resolusi 192MP.

Itu berarti bahwa smartphone tidak akan dapat mengambil serangkaian foto dan menggabungkannya ke dalam satu gambar yang lebih bersih tetapi akan lebih baik mengambil satu gambar megapiksel tinggi dan kemudian menggunakan pixel binning untuk membuat resolusi yang lebih rendah. Sensor kamera 48MP saat ini menggabungkan 4 piksel menjadi satu untuk menghasilkan bidikan 12MP. Untuk kedepannya, mungkin saja smartphone dengan kamera 64MP akan membuat gambar 16MP.

Itu bertolak belakang dengan perangkat seperti Samsung Galaxy S10, Google Pixel 3 atau Apple iPhone XS. Ketiga smartphone flagship baru itu menggunakan sensor resolusi lebih rendah dan multi-frame magic untuk membuat gambar dengan lebih sedikit noise dan detail lebih tinggi.

Jelas tren smartphone untuk tahun ini adalah menggunakan sensor kamera beresolusi tinggi. Smartphone keluaran baru seperti Xiaomi Mi 9 dan Redmi Note 7 Pro sudah menggunakan sensor 48MP di belakang, sementara untuk smartphone selfie sentris seperti Vivo V15 Pro menggunakan kamera selfie 48MP dan 32MP.

Tren itu dikatakan terus berlanjut tetapi tidak jelas smartphone mana yang akan bergerak maju, mengingat saat ini kebanyakan smartphone yang menggunakan sensor beresolusi tinggi adalah smartphone kelas menengah.

Di sisi lain, keterangan Judd Heape dari Qualcomm juga mengungkapkan bahwa chipset flagship berikutnya dari Qualcomm, yang sementara ini disebut sebagai Snapdragon 865 akan menambah dukungan untuk perekaman video HDR10. Kita nantikan saja perkembangan selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here