Kabar mengenai Qualcomm yang bekerjasama untuk merilis Windows 10 PC yang didukung prosesor ARM telah terdengar sejak beberapa bulan yang lalu, dan kini di ajang IFA 2017 telah dikonfirmasi oleh Qualcomm dimana Windows 10 PC pertama dari kerjasama kedua perusahaan akan mengusung chipset Snapdragon 835.

Meski tidak menyebutkan secara pasti kapan Windows 10 PC pertama dengan prosesor ARM akan diluncurkan, namun Qualcomm mengungkapkan jika perangkat tersebut bisa datang pada kuartal keempat tahun ini. Sayangnya, baik Qualcomm maupun Microsoft belum memberikan rincian mengenai perangkat tersebut selain prosesor yang diusung.

Hingga sat ini, sistem operasi Windows 10 mampu berjalan pada chipset X86 milik Intel, dan tampaknya Microsoft ingin menghentikan dominasi Intel. Untuk perangkat Windows 10 yang akan datang dengan Snapdragon 835 bakal memiliki bodi yang tipis serta bobot yang ringan layaknya smartphone atau tablet. Selain itu, perangkat baru ini juga akan dibekali dengan fitur-fitur khas smartphone, termasuk daya tahan baterai yang lama serta dukungan stylus.

Tak kalah penting, Windows 10 PC yang didukung Snapdragon 835 juga akan mendukung jaringan seluler, yang berarti perangkat dapat terhubung dengan jaringan LTE secara mandiri. Karena informasi yang didapat hanya mengatakan jika perangkat tersebut akan hadir pada kuartal keempat, jadi kita bisa mengharapkan perangkat tersebut akan meluncur sebelum pergantian tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here