Sementara berbagai media sibuk membicarakan soal spesifikasi chip Snapdragon 820 yang merupakan chip high-end dari Qualcomm, ternyata perusahaan telah mengumumkan chip mid-end dan entry-level terbaru mereka yakni Snapdragon 617 dan Snapdragon 430 yang siap diusung oleh smartphone masa depan.

qualcomm_snapdragon

Terletak pada seri-6 dan seri-4, kedua chipset terbaru ini menawarkan banyak hal yang dapat membuat para desainer smartphone lebih memilih kedua chipset ini ketimbang memilih chipset dari kompetitor seperti MediaTek. Nah, apa saja yang dihadirkan Qualcomm dalam chipset terbarunya ini?

Snapdragon 430

Mulai dari yang pertama, Snapdragon 430 akan menyasar smartphone low-end dengan menghadirkan fitur seperti prosesor octa core Cortex-A53 1,2GHz dengan GPU yang telah di-upgrade, yakni Adreno 505 dan tak ketinggalan dual Image Signal Processors hadir dalam chipset ini. Sementara untuk kameranya, dapat mendukung hingga resolusi 21MP, cukup mengesankan untuk chipset low-end. Tak hanya itu saja, chip 430 ini juga telah mendukung fitur QuickCharge 3.0 terbaru dari Qualcomm, yang memungkinkan baterai terisi hingga 80% hanya dalam waktu 30 menit pengisian. Untuk melengkapi semua itu, chip ini mendukung X6 LTE yang dapat memberikan speed downlink hingga 150 Mbps.

Snapdragon 617

Sedangkan untuk jagoan baru kelas menengah, Sapdragon 617, akan mengusung prosesor octa-core Cortex-A53 1,5GHz. Mendukung X8 LTE terbaru yang menyuguhkan downlink hingga 300Mbps. Snapdragon 617 ini juga mendukung kamera hingga 21MP serta fitur QuickCharge 3.0 terbaru besutan Qualcomm. Ini akan menjadi pertarungan sengit dengan chipset besutan MediaTek di kelas masing-masing.

Untuk ketersediaanya, Snapdragon 617 bakal hadir di smartphone yang dirilis pada awal tahun 2016, sedangkan untuk Snapdrgon 430 akan mulai debutnya pada awal kuartal kedua tahun 2016. Dengan hadirnya kedua chipset ini akan semakin meramaikan smartphone mengengah dengan fitur kelas papan atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here