Sebuah chip prosesor terbaru siap diperkenalkan oleh Qualcomm pada beberapa tahun mendantang. Chip Neural Processing Unit (NPU) tersebut memiliki kemampuan untuk mempelajari hal baru seperti pada otak manusia.

Dikutip dari Slashgear, NPU pertama dari Qualcomm bakal mulai diproduksi pada tahun 2014 mendatang. Pihak Qualcomm juga dikabarkan telah melakukan pembicaraan dengan perusahaan-perusahaan lain yang siap menggunakan chip tersebut untuk berbagai keperluan, seperti artificial vision, smartphone dan tablet yang lebih efisien dan kontekstual dan bahkan bisa digunakan untuk implan otak.

CTO Qualcomm Matt Grob mengungkapkan bahwa para NPU tersebut bisa mempelajari hal baru dengan diberi contoh terlebih dulu. Grob mengatakan bahwa NPU tersebut dibangun dengan berbasiskan pada struktur fisik neuron otak sebenarnya. Keunggulannya, NPU pun mampu menyelesaikan masalah yang kerap tak bisa diselesaikan oleh chip biasa.

Pihak Qualcomm pun telah mengimplementasikan chip tersebut pada salah satu mesin miliknya di laboratorium perusahaan. Mereka menggunakan sebuah robot beroda sederhana yang di dalamnya telah ditanamkan NPU. Dan robot ini pun mampu menemukan tujuan setelah diberi contoh satu kali.

via Slashgear

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here