Setelah menjadi bahan pembicaraan beberapa bulan terakhir ini, akhirnya pabrikan SoC asal Amerika Serikat, telah memulai debut SoC terbarunya, yakni Snapdragon 820 yang telah diresmikan pada tanggal 10-12 Desember lalu di Beijing, Tiongkok. Lalu seperti apa performa dari SoC terbaru ini?

snapdragon-820

Qualcomm mengembangkan Snapdragon 820 ini dengan kembali mengusung arsitektur quad core 64 bit dengan core Kyro. Meski kembali menggunakan prosesor empat inti, namun performa dari Snapdragon 820 ini bahkan mampu mengalahkan prosesor octa core tercepat saat ini. Qualcomm sendiri mengatakan bahwa jumlah core yang ada pada prosesor bukan penentu cepat atau tidaknya sebuah prosesor, dan kini mereka membuktikannya pada Snapdragon 820.

Sebelumnya Qualcomm telah meluncurkan SoC flagship, Snapdragon 810 yang menggunakan prosesor octa core dari ARM. Namun kehadiran Snapdragon 810 menuai banyak komplain karena seringnya SoC ini mengalami panas berlebih. Keputusan Qualcomm menggunakan core dari ARM ini sendiri karena permintaan pasar, dan perusahaan asal Amerika Serikat itu tidak sempat untuk mengembangkan SoC dengan prosesor octa core. Hal itu juga menandakan bahwa perusahaan tidak handal menggunakan core buatan perusahaan lain.

Qualcomm sendiri meyakini, sumber panas berlebih dari Snapdragon 810 sendiri berasal dari konsumsi daya yang tinggi karena jumlah core yang banyak. Berkaca dari kesalahan sebelumnya, Qualcomm kembali menggunakan core buatan mereka sendiri, yakni Kyro yang merupakan kembangan dari core Krait. Selain performa, fokus utama pada Snapdragon 820 juga terkait pada konsumsi daya yang efisien, sehingga tidak akan terjadi panas berlebih seperti yang dialami pendahulunya.

Qualcomm sendiri memberi kesempatan untuk para wartawan dan jurnalis untuk menjajal sendiri perfoma dari Snapdragon 820 ini. Mereka menggunakan smartphone prototipe yang tidak menyandang merek manapun, hanya terdapat logo Qualcomm Snapdragon. Smartphone prototipe ini menjalankan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow standar. Meski kembali menggunakan prosesor quad core, namun jangan remehkan performa dari SoC ini.

(kredit: Metrotvnews)
(kredit: Metrotvnews)

Pada pengujian menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark 6.0, prosesor ini berhasil menorehkan skor sebanyak 131.269. Skor ini bahkan mengalahkan skor SoC Kirin 950 yang disematkan kedalam Huawei Mate 8. Selain itu, pengujian menggunakan GeekBench juga menorehkan skor yang memuaskan pada pengujian single core maupun multicore. Namun mereka menegaskan lagi, bahwa skor di atas kertas bukan jaminan mutu suatu smartphone, yang terpenting adalah pengalaman (user experience) yang didapatkan pengguna.

Kendati berhasil menorehkan skor yang gemilang pada pengujian bencmarking, Snapdragon 820 juga harus mewaspadai kehadiran SoC buatan Samsung, Exynos 8890 yang digadang-gadang juga tak kalah gahar. SoC kembangan Samsung ini direncanakan bakal debut awal 2016 nanti.

Sudah tidak sabar ingin mengetahui seberapa gaharnya Snapdragon 820 ini? Tak perlu menunggu lama-lama, karena beberapa smartphone telah siap menggunakan SoC ini dan siap hadir setidaknya pada awal tahun 2016 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here