Kehadiran SoC flagship terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 820 memang dinantikan banyak pihak. Seperti yang telah kita ketahui, SoC sebelum ini, Snapdragon 810, mendapatkan banyak keluhan karena mudah mengalami overheat.

Setelah dirumorkan beberapa bulan lalu, akhirnya Qualcomm sendiri mengumumkan secara resmi SoC terbaru mereka tersebut, dan siap terjun ke pasaran pada 2016 mendatang. Snapdragon 820 sendiri sebelumnya diinformasikan tidak mengusung 8 inti seperti para kompetitornya, namun hanya mengusung 4 inti dengan kecepatan masing-masing core sebesar 2,2 GHz.

qualcomm-00

Tapi, menurut informasi yang beredar saat ini, dirumorkan Qualcomm akan merilis varian octa core dari Snapdragon 820. Sesuai yang diberitakan oleh VR-Zone, Rabu (18/11/2015), informasi ini didapatkan dari salah satu situs Tiongkok, DigiTimes. Situs tersebut mengatakan bahwa Qualcomm Snapdragon 820 versi octa core akan melenggang pertengahan pertama tahun 2016, atau sekitar bulan Januari – Juni.

Situs tersebut mengatakan, bahwa karena tren yang sedang berkembang saat ini kebanyakan smartphone menggunakan prosesor octa core, memaksa Qualcomm untuk merilis varian octa core dari Snapdragon 820. Seperti kebanyakan smartphone dari vendor ternama sekalipun, seperti Sony, Samsung, HTC, LG, Huawei, ZTE, dan masih banyak lainnya.

Banyak beberapa merek ternama yang telah bersiap menyambut kehadiran Qualcomm Snapdragon 820 ini. Samsung misalnya, mereka kabarnya tengah mempersiapkan generasi penerus seri Galaxy S, Samsung Galaxy S7. Smartphone tersebut kabarnya akan menggunakan dua varian SoC, baik dari Samsung sendiri, Exynos 8890, dan Qualcomm Snapdragon 820 quad core.

Masih belum ada informasi lebih detail dari rumor Snapdragon 820 yang bakal mengusung 8 inti ini. Namun jika benar adanya, tentu persaingan dunia mobile prosesor untuk smartphone akan sangat ramai, dengan berbagai fitur menarik yang masing-masing vendor suguhkan.

(ND/VR-Zone)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here