Pada ajang tahunan Snapdragon Technology Summit 2017 yang berlangsung di Hawaii, Qualcomm mempresentasikan beberapa prestasinya yang telah tercapai. Hal yang ditunggu-tunggu juga akhirnya terjadi, dimana perusahaan telah mengumumkan chipset mobile flagship selanjutnya yang bernama Snapdragon 845.

Cristiano Amon, VP Eksekutif Qualcomm Technologies bergabung di atas panggung bersama CEO Xiaomi, Lei Jun. Jun mengatakan jika smartphone flagship selanjutnya dari perusahaan, yakni Xiaomi Mi 7 dipastikan akan menjadi salah satu smartphone pertama yang didukung oleh chipset Snapdragon 845, selain Samsung Galaxy S9.

Meskipun beberapa produsen chipset global saat ini sudah mulai mengembangkan proses manufaktur 7nm dan 8nm, namun Snapdragon 845 yang akan digunakan oleh smartphone flagship 2018 masih dibangun dengan proses 10nm seperti Snapdragon 835. Chipset tersebut masih mendukung kecepatan Gigabit LTE berkat modem X20. Chipset ini juga siap digunakan untuk perangkat laptop dan convertible.

Asus da HP saat ini menjadi produsen laptop pertama yang menggunakan chipset Snapdragon sebagai dapur pacu perangkat mereka. Asus dengan NovaGO miliknya menawarkan laptop 2-in-1 yang memiliki masa pakai baterai yang panjang. Bahkan tahun depan juga akan menjadi tahun kelahiran perangkat laptop tipis tanpa kipas, berkat penggunakan chipset Snapdragon.

Sayangnya Qualcomm saat ini belum mengumumkan rincian mengenai konfigurasi dari chipset Qualcomm Snapdragon 845. Kita nantikan saja kabar selanjutnya mengenai chipset flagship terbaru ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here