Qualcomm Tak Mau Snapdragon Disebut “Prosesor” Lagi, Tapi “Platform”

Qualcomm Tak Mau Snapdragon Disebut “Prosesor” Lagi, Tapi “Platform”

by -
BeritaTeknologi.com

snapdragon-8151

Seperti dilansir laman blog Qualcomm bertajuk Moving beyond Processors to Platforms, kini Qualcomm tidak ingin lagi produk “prosesor” yang mereka buat, kita sebut “prosesor” seperti biasa. Mereka membuat struktur baru untuk penamaan produk “prosesor” mereka menjadi “platform”.

Alhasil, dalam beberapa waktu ke depan, sudah tidak akan ada lagi Qualcomm Snapdragon Processors. Tetapi The Qualcomm Snapdragon Mobile Platform seperti yang mereka minta.

Qualcomm beranggapan bahwa kata prosesor sudah tidak memadai lagi untuk digunakan. Sebab Qualcomm tidak hanya memberikan sebuah chip saja, ada banyak fitur dan teknologi orisinal yang mereka sematkan di dalamnya. Sebut saja Qualcomm Quick Charge, Qualcomm improve touch, Qualcomm Aqstic audio DAC, juga komponen standar lain macam CPU, GPU, and DSP.

Ini hampir mirip dan harusnya berlaku pula untuk vendor smartphone yang telah sanggup membuat “prosesor” sendiri dengan istilah System on Chip (SoC). Seperti Apple, Samsung, Huawei, dan baru-baru ini Xiaomi. Itu juga bisa disebut platform bila mengacu pada keterangan Qualcomm.

Kesimpulannya, kata “platform” lebih tepat untuk menjelaskan sebuah sistem “prosesor” yang sudah ditingkatkan untuk memanjakan pengalaman pengguna. Bisa dari sisi kamera, konektivitas, daya tahan baterai, keamanan, tahan banting, juga konektivitas pada sistem otomotif, IOT, juga PC. Kerumitan inilah yang membuat prosesor menjadi rancu dan lebih baik disebut “platform”.

snapdragon-820

Snapdragon Khusus Premium

Qualcomm juga menyebutkan penamaan Qualcomm Snapdragon Platform hanya akan hadir di produk smartphone premium. Untuk smartphone Mid-range dan Entry-Level, kita bisa menyebutnya Qualcomm Mobile Platform.

Ini untuk memberikan kejelasan dan ekspektasi pasti tentang produk platform Qualcomm. Sebab mereka juga mencoba untuk menghadirkan produk untuk platform lain seperti PC, server, perangkat otomotif, IP-camera, Drone, headset VR / AR, dan masih banyak lagi.

Bahkan menurut beberapa pengamat, jangan-jangan Qualcomm Mobile berniat meluncurkan smartphone sendiri, dan bukan hanya membuat prosessor? Eh salah, maksudnya membuat “platform”.