Saat ini sudah banyak smartphone yang mengusung setup dual kamera, termasuk smartphone terbaru dari Apple, yakni iPhone 7 Plus. Mungkin setup dual kamera akan menjadi standar smartphone masa depan, karena banyaknya perusahaan yang telah mengadopsi teknologi ini. Kini Qualcomm ingin memperdalam teknologi dual kamera dengan teknologi “Clear Sight” untuk chipset Snapdragon 820 dan Snapdragon 821.

qualcomm-clear-sight

Lalu apa fungsi dari teknologi Clear Sight milik Qualcomm ini? Perusahaan mengatakan, “Clear Sight memiliki dua kamera, masing-masing dengan lensa dan image sensor sendiri. Seperti mata Anda, lensa memiliki panjang fokus identik (artinya mereka melihat jarak yang sama).”

“Tetapi masing-masing kamera memiliki sensor gambar yang berbeda. Satu sensor gambar warna (untuk meniru kerucut), dan sensor gambar hitam putih yang terpisah (yang dapat menyerap lebih banyak cahaya, meniru batang) “.

Jadi apa gunanya mengambil foto dalam warna dan hitam putih? Ide dasarnya adalah bahwa sensor hitam putih akan memungkinkan untuk fotografi cahaya rendah yang lebih baik, memiliki kontras yang lebih baik, lebih sedikit noise, dan meningkatkan ketajaman, serta ketika digabungkan dengan foto berwarna, dalam teori seharusnya hasil gambar akan jauh lebih dinamis.

Intinya, cara ini hampir sama dengan konsep gambar HDR, di mana beberapa foto dari eksposur berbeda digabungkan bersama-sama untuk hasil akhir yang menakjubkan. Perlu diingat jika teknologi ini disediakan oleh Qualcomm untuk handset yang didukung chipset Snapdragon 820 dan 821 serta chipset baru yang akan datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here