Ketika Apple mengumumkan iPhone 7 yang tidak memiliki jack audio 3.5mm memang sempat mendapat banyak kritikan. Namun setelah itu, beberapa produsen smartphone Android mengikuti langkah Apple dengan menghilangkan jack audio 3.5mm untuk smartphone flagship mereka. Dengan hilangnya jack audio, tentu pengguna harus menggunakan earphone Bluetooth, earphone dengan port USB-C, atau jika Anda ingin menggunakan earphone konvensional kesayangan, Anda bisa menggunakan konverter jack audio – USB Type-C.

Baru-baru ini Qualcomm telah mengumumkan DAC Hi-Fi khusus (atau konverter digital-ke-analog) yang bernama Aqstic AQT1000. Perusahaan yang terkenal memproduksi chipset dan modem ini memang sebelumnya pernah membuat DAC dan audio codec, tapi bedanya dengan yang kali ini adalah HiFi DAC berdesain USB-C. Perusahaan memperkenalkan DAC ini di ajang tahunan Snapdragon Tech Summit 2017 di Maui, Hawaii.

Untuk menghasilkan audio berkualitas tinggi, Qualcomm Aqstic AQT1000 menawarkan resolusi 32-bit/384 kHz yang memiliki dynamic range 123 dB, dimana ini memungkinkan suara yang lebih kaya dan lebih lengkap. DAC eksternal Qualcomm juga hadir dengan DSD (direct stream digital) yang dianggap bisa menghasilkan suara alami.

Perlu dicatat bahwa Qualcomm AQT1000 tidak langsung ditujukan untuk konsumen umum, melainkan untuk vendor aksesori audio yang nantinya akan diaplikasikan pada headset atau earphone milik mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here