Industri smartphone saat ini tengah berkembang dengan sangat pesat, dimana perusahaan besar dunia saling berlomba untuk bersaing satu sama lain. Banyak litigasi (proses membawa kasus ke pengadilan) yang terjadi selama perkembangan pasar smartphone. Sebagai raksasa teknologi, Google sudah sering berhadapan dengan kasus-kasus yang menyangkut paten.

google

Meski jumlah litigasi semakin menurun, namun Google tetap berupaya untuk menekan timbulnya litigasi baru di masa depan. Langkah yang diambil Google adalah dengan menandatangani kesepakatan baru dengan beberapa produsen smartphone Android, termasuk Samsung untuk secara kolektif membela diri terhadap tuntutan hukum paten.

Perjanjian ini memiliki tagline “Android Networked Cross-License” dan menyatukan perusahaan dalam industri seperti Samsung, LG, dan HTC. Kelompok ini juga menyerukan perjanjian “Pax” atau dengan artian kelompok “Perdamaian”. Mereka suatu saat nanti akan berbagi hak paten di antara mereka sendiri secara gratis dan juga terbuka untuk perusahaan lain untuk bergabung secara gratis dengan mereka.

Perjanjian tersebut telah ada sejak Januari, yang ditandatangani oleh Samsung dan LG dengan Google. Perusahaan lain setelahnya termasuk HTC, Foxconn, BQ, HMD (Nokia), Coolpad dan Allview yang bergabung sebulan kemudian. Tapi perjanjian baru dipublikasikan oleh Google sekarang melalui blog.

Para anggota secara kolektif memiliki lebih dari 230.000 paten di seluruh dunia. Seperti banyak perusahaan bergabung, PAX akan membawa lebih banyak kedamaian paten dan nilai untuk anggotanya melalui lebih banyak kebebasan untuk berinovasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here