Penggunaan komputer mungil nan murah Raspberry Pi kini lebih memudahkan. Terlebih peralatan tambahan yang bisa digunakan sebagai pendukung pun kini tersedia dalam pilihan yang lebih komplet. Dan yang terbaru, Raspberry Pi kini juga bisa menggunakan sebuah layar sentuh serta HDD berkapasitas 1TB yang memang secara khusus didesain untuk komputer mungil tersebut.

layar sentuh raspberry pi

Beberapa hari kemarin, Raspberry Pi telah secara resmi merilis aksesoris resmi berupa layar sentuh yang ditujukan untuk produk komputer mungil miliknya. Layar sentuh khusus untuk Raspberry Pi itu dipatok dengan banderol sebesar 60 USD atau setara 800 ribuan. Layar sentuh ini mempunyai ukuran 7 inci beresolusi 800 x 480 piksel warna 24-bit serta mendukung 10 titik sentuh.

Layar sentuh yang mempunyai sudut pandang hingga 70 derajat ini bisa dipasangkan dengan mudah ke komputer Raspberry Pi dengan memanfaatkan konektor display. Sebagai tambahan, layar sentuh ini juga dilengkapi port HDMI. Ada pula port USB yang berguna sebagai sarana untuk menyalurkan power ke layar. Sebagai tambahan, pihak Raspberry Pi juga menyediakan opsi frame yang dilengkapi dengan kickstand.

wd pidrive

Lain halnya dengan HDD berkapasitas 1TB yang didesain untuk komputer mungil tersebut. HDD ini merupakan produk dari Western Digital dan bernama WD PiDrive. HDD ini ditawarkan oleh Western Digital dengan banderol sebesar 80 USD atau setara 1,1 juta rupiah. Sebagai HDD yang didesain khusus untuk Raspberry Pi, PiDrive ini pun mempunyai beberapa kelebihan. HDD ini dilengkapi dengan microSD berkapasitas 4GB yang bisa dipakai untuk menyimpan file sistem operasi.

Selain itu, perangkat ini juga mempunyai kabel USB 3.0 khusus yang sekaligus berfungsi menghubungkan HDD dengan Raspberry Pi, power port sekaligus power adapter. Jadi, hanya perlu satu kabel untuk bisa menghubungkan HDD ini ke komputer Raspberry Pi. Sebagai tambahan, HDD ini kompatibel dengan Raspberry Pi Model B+ dan Raspberry Pi 2 Model B.

(BHK/Liliputing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here