Untuk Anda yang doyan dengan aktivitas merakit berbagai jenis perangkat elektronik, ada produk PC mungil menarik terbaru dari Raspberry Pi. Produk tersebut adalah Raspberry Pi Zero W yang dipatok dengan banderol murah seharga 10 USD atau setara 133 ribu rupiah. Komputer ini dibangun dengan berbasiskan pada Raspberry Pi Zero tapi dengan fitur lebih lengkap.

raspberry-pi-zero-w

Komputer mungil ini memang punya spesifikasi dan kemampuan lebih rendah dibandingkan Raspberry Pi 3. Terlebih, harga Raspberry Pi 3 memang lebih mahal. Namun, perangkat ini memiliki kemampuan yang cukup menarik dengan keberadaan fitur WiFi dan Bluetoothdi dalam dalamnya.

Raspberry Pi Zero W ini dilengkapi dengan prosesor single core BCM2835 berkecepatan 1GHz yang ditunjang oleh RAM 512 MB. Perangkat ini juga memiliki dua port micro USB (masing-masing untuk data dan power), mini port HDMI, serta header 40 pin yang kompatibel dengan HAT. Ada pula konektor kamera CSI serta header video komposit.

[embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=nlJ8WGZbPMk[/embedyt]

Semua fitur tersebut pun terangkum dalam sebuah perangkat dengan dimensi 66mm x 30.5mm x 5mm dan bobot tak lebih dari 9,3 gram. Bentuk dari komputer ini pun identik dengan Raspberry Pi Zero. Dengan begitu, Anda pun masih bisa menggunakan aksesoris yang ditujukan untuk Raspberry Pi Zero pada perangkat ini.

Tertarik berkreasi membuat perangkat DIY dengan komputer mungil ini?

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here