Ketika melakukan aktivitas di internet, setiap orang nampaknya harus selalu memperhitungkan tindak-tanduknya. Terlebih bagi seorang remaja yang biasanya kurang berpikir panjang. Bisa-bisa tindakan iseng di internet bisa berujung hukuman penjara. Hal inilah yang baru-baru ini menimpa seorang remaja asal Singapura.

Remaja bernama Amos Yee tersebut ditangkap oleh pihak berwajib karena mengupload sebuah video yang dianggap menghina mendiang perdana menteri Singapura Lee Kuan Yew. Video tersebut pun berjudul ‘Lee Kuan Yew is Finall Dead!’. Dia pun menyebut kalau Kuan Yew sebagai seorang yang pemimpin yang buruk. Meski pada saat hidupnya, Kuan Yew menjabat sebagai perdana menteri lebih dari tiga dekade. Tak hanya itu, Yee juga menyebut Kuan Yew sebagai seorang pemimpin yang diktator.

https://youtu.be/dD4y3U4TfeY

Dan akibat tindakannya tersebut, Yee pun bersiap-siap untuk memperoleh hukuman yang berat. Kemungkinan Yee bakal memperoleh hukuman paling berat selama tiga tahun dan ditambah denda ribuan USD. Yee pun dianggap melanggar hukum Penal COde Section 298 karena menggunakan kata-kata kasar yang dianggap menyakiti orang lain. Selain itu, Yee juga dianggap melakukan tindakan cyberbullying.

via TechDirt

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here