Jika Samsung yang berbasis di Korea Selatan telah meluncurkan prosesor Exynos 5 Octa yang merupakan prosesor Octa Core, maka Jepang memiliki Renesas. Perusahaan tersebut baru saja mengeluarkan produk chip terbaru yang juga merupakan prosesor octa core bernama APE6.

Seperti halnya Samsung Exynos 5 Octa, prosesor Renesas APE6 ini pun menggunakan arsitektur big.LITTLE. Renesas menggabungkan empat core prosesor ARM Cortex-A15 dengan empat core prosesor ARM Cortex-A7. Dengan perpaduan tersebut, chip prosesor ini pun bisa bekerja secara efisien tanpa harus mengkonsumsi tenaga berlebih.

Cara kerja prosesor berbasis arsitektur big.LITTLE sebenarnya hanya memungkinkan empat core prosesor yang bekerja secara dominan. Untuk tugas dasar, yang digunakan adalah prosesor low power ARM Cortex-A7. Sedangkan tugas yang membutuhkan performa tinggi akan dilakukan oleh empat core prosesor Cortex-A15.

Sebagai pelengkap, prosesor ini juga dilengkapi dengan GPU PowerVR Series6 ‘Rogue’. Tak hanya itu, handphone yang menggunakan prosesor ini akan memiliki fitur streaming video full HD.

(Via Liliputing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here