Membangun kendaraan pintar yang dilengkapi kemampuan untuk terhubung dengan internet memang memberikan keuntungan. Namun di sisi lain, mobil tersebut juga harus dilengkapi dengan sistem keamanan yang mumpuni. Bisa-bisa mobil tersebut pun bakal mudah berpindah tangan berkat campur tangan seorang hacker yang ahli.
fiat chrysler
Hal tersebut dibuktikan oleh dua orang hacker bernama Charlie Miller serta Chris Valasek. Mereka pun mempraktekkan secara langsung proses peretasan sistem yang dimiliki oleh mobil Fiat Chrysler dengan didampingi oleh salah satu reporter dari Wired. Hasilnya, mereka berhasil meretas mobil Fiat Chrysler yang dilengkapi dengan sistem Uconnect.

Dan setelah berhasil meretas sistem Uconnect tersebut, kedua hacker ini pun sepenuhnya bisa mengendalikan mobil. Baik operasi mesin, akselerator, steering ataupun rem. Dan menurut rencana, kedua hacker ini pun akan membagikan teknik peretasan yang dipakainya dalam ajang Black Hat yang berlangsung bulan depan.

Pihak Fiat sendiri sudah melakukan respon terkait kelemahan yang dimiliki oleh produk mobilnya tersebut. Salah satunya adalah dengan menarik sebanyak 1,4 juta unit mobil yang sudah dilengkapi Uconnect di pasaran. Selain itu, mereka juga menyediakan update untuk menutup lubang keamanan yang ada pada firmware Uconnect.

via Wired

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here