Setelah sebulan lebih lamanya Qualcomm memberikan godaan-godaan akan fitur dari SoC andalan terbaru mereka, Snapdragon 820, akhirnya SoC tersebut secara resmi diperkenalkan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa banyak yang penasaran seperti apa performa dari Snapdragon 820 ini.

Dilansir dari VR-Zone, Rabu (11/11/2015), disebutkan bahwa kali ini banyak perubahan yang dibawa oleh Qualcomm pada SoC flagship-nya tersebut. Pada Snapdragon 820 ini, Qualcomm melakukan modifikasi pada inti ARM, berbeda dengan pendahulunya, Snapdragon 810 yang polos dalam pada inti ARM-nya. Mereka menyebutnya dengan nama Kryo.

sd820-0

Ada yang berbeda kali ini pada Snapdragon 820, jika sekarang kebanyakan prosesor untuk smartphone rata-rata sudah octa core, bahkan hexa core alias 10 inti, Snapdragon 820 ini justru kembali menggunakan 4 inti pemrosesan, atau quad core. Mungkin banyak yang heran kenapa Qualcomm tidak menyuguhkan kembali SoC dengan 8 inti. Namun pihak Qualcomm sendiri berani memastikan, bahwa SoC Snapdragon 820 ini tidak kalah dengan SoC di pasaran, yang rata-rata adalah octa core. Snapdragon 820 ini bakal berjalan pada kecepatan 2.2GHz.

Qualcomm Snapdragon 820 ini membawa beberapa fitur dan komponen baru, seperti GPU Adreno 530 yang bakal bersaing dengan GPU mobile papan atas, kemudian terdapat juga fitur Quick Charge 3.0, yang diklaim lebih baik dan lebih cepat daripada Quick Charge sebelumnya. Selain itu juga dukungan OpenGL ES 3.1+, Hexagon 680 DSP yang akan membantu kinerja prosesor dalam menjalankan beberapa sensor gerakan atau kamera. Serta penggunaan sensor kamera hingga 28 megapiksel, yang dilengkapi dengan Qualcomm Spectra Image Sensor Processor agar kualitas foto yang dihasilkan lebih menjanjikan.

Kabarnya, Qualcomm Snapdragon 820 bakal diproduksi oleh Samsung, dengan teknologi 14nm FinFeet-nya. Perangkat pertama yang akan menggunakan SoC ini, dipastikan akan tiba pada kuartal pertama tahun 2016 mendatang.

Semoga kejadian overheat yang menimpa SoC Qualcomm Snapdragon 810 tidak menular ke Snapdragon 820 ini ya.

(ND/VR-Zone)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here