Salah satu vendor dari Tiongkok, Oppo baru saja mengumumkan jajaran smartphone terbarunya. Smartphone yang berserikan A53 akhirnya resmi diperkenalkan oleh Oppo baru-baru ini. Sebelumnya, sekitar satu bulan yang lalu, smartphone Oppo A53 ini sudah masuk ke database badan regulasi di Tiongkok TENAA. Namun spesifikasi jelasnya hanyalah gambaran umum saja.

Nah kali ini setelah sebulan lamanya, akhirnya pihak Oppo mengumumkan hadirnya Oppo A53 untuk meramaikan persaingan smartphone di pasar global. Dikutip dari Gizchina, Rabu (2/12/2015), disebutkan bahwa kali ini Oppo tidak mengusung SoC yang biasa digunakan oleh smartphone yang beredar. Oppo A53 ini menggunakan SoC dari Qualcomm Snapdragon 616.

oppo-a53-0

Mungkin masih sedikit smartphone yang menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 616 ini, namun jika dilihat dari spesifikasinya, yang membedakan SoC ini dengan adiknya, Snapdragon 615 adalah, kecepatan dari 4 core yang paling rendah selisih 200MHz. Jika Snapdragon 615 memiliki kecepatan 1GHz pada 4 core terendahnya, di Snapdragon 616 ini meningkat menjadi 1,2GHz. Jadi untuk menjalankan aplikasi yang tidak terlalu berat, Snapdragon 616 sedikit lebih unggul daripada adiknya itu. Namun keduanya sama-sama ditemani dengan pengolah grafis Adreno 405.

Selain itu juga ada layar seluas 5,5 inci dengan resolusi HD 720×1280, yang mana cukup disayangkan layar seluas ini tidak mengusung resolusi Full HD. Untuk menunjang aktifitas dalam menjalankan berbagai aplikasi, Oppo A53 dibekali dengan RAM sebesar 2GB dan terdapat memori internal sebesar 16GB.

oppo-a53-01

Untuk fotografinya, smartphone ini menggunakan sensor dari Samsung, ISOCELL, pada kamera utamanya, yang memiliki resolusi sebesar 13 megapiksel. Sedangkan untuk bagian depan, terdapat kamera dengan resolusi 5 megapiksel. Dilengkapi dengan 2 slot SIM card, Oppo A53 juga sudah mendukung jaringan internet 4G LTE. Sayangnya, slot SIM ke-2 bersifat hybrid, jadi jika ingin menggunakan micro SD, mau tidak mau harus mengorbankan slot SIM ke-2. Baterai yang disematkan pada Oppo A53 ini terbilang cukup lumayan, yaitu sebesar 3.075mAh.

Untuk jadwal pastinya, Oppo masih enggan memberikan komentar terkait kapan smartphone ini akan tiba di pasaran, bahkan untuk harganya sendiri Oppo juga masih bungkam. Namun, smartphone yang menggunakan ColorOS 2.1 dengan basis Android 5.1 Lollipop ini dirumorkan hadir dalam waktu dekat, atau setidaknya tidak sampai tahun baru nanti.

(ND/Gizchina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here