Adobe Project Comet yang kini telah berganti nama menjadi Experience Design telah hadir secara resmi dan tersedia dalam bentuk preview untuk siapa saja yang memiliki akun Adobe. Tercatat saat ini terdapat “banyak alat yang menangani banyak bagian dari masalah” untuk merancang sebuah aplikasi, Adobe memposisikan XD lebih bersaing langsung dengan Sketch, dan melakukan pekerjaan yang fantastis.

AdobeXD_Design

Anda tidak hanya akan dapat merancang artboards saja, tapi XD juga memungkinkan Anda membuat perubahan makro dan prototipe. Ini dimulai dengan jenis proyek yang Anda miliki (Web, iPhone, iPad atau ‘ukuran kustom’ desain), namun XD juga memiliki paket UI Kit secara bawaan. Anda dapat memilih dari iOS, Desain Material Google atau Windows. XD juga menunjukkan file baru sehingga Anda dapat beralih kembali ke dalam prototyping.

XD akan benar-benar bersinar dengan segala yang ia miliki ketika Anda mengerjakan proyek yang lebih besar. Beberapa artboards dapat diubah ke dalam batch dan menambahkannya elemen yang unik. Jika Anda memiliki view dari beberapa pengguna, maka XD akan mampu memberikan nama yang unik kepada masing-masing pengguna.

Ukuran dan font elemen teks juga dapat diubah dengan mengelompokkan mereka. Untuk artboard yang lebih kompleks, XD memiliki fitur masking baru yang rapi. Ini memungkinkan Anda untuk mengatur ukuran gambar dengan benar. Fitur ini juga akan mengurangi kerumitan mengukur ketika Anda tengah mendesain.

Membuat elemen UI dan membuat tombol GUI juga sangat mudah dengan XD. Menggambar dan menggabungkan beberapa gambar maka elemen UI langsung dapat digunakan. Setelah semua pekerjaan dirasa rampung dan siap untuk diuji, Anda juga dapat langsung menyimpannya kedalam Adobe Creative Cloud. Dengan begitu, berbagi proyek dengan orang lain menjadi lebih mudah.

Untuk saat ini Adobe Experience Design hanya tersedia dalam bahasa Inggris saja dan baru tersedia untuk platform Mac. Jika Anda cocok dan tertarik dengan software ini, jangan ragu untuk mengunduhnya dari Adobe Creative Cloud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here