Dalam kesempatan ini, tim BeritaTeknologi.com mencoba untuk melakukan review dari Smartphone Alcatel OneTouch Flash Plus. Alcatel sendiri merupakan pemain lama pada perangkat telekomunikasi. Namun pada tahun 2004, Alcatel bekerja sama dengan perusahaan elektronik asal Tiongkok, TCL, dalam memproduksi perangkat telekomunikasinya.

Alcatel OneTouch Flash Plus sendiri merupakan penerus dari Alcatel OneTouch Flash, yang telah dirilis pada September 2014 lalu. Perbedaannya cukup signifikan, dari besarnya RAM dan jenis prosesor yang digunakan.

Untuk spesifikasi Alcatel OneTouch Flash Plus detailnya:

  • Jaringan: GSM Quadband 900/1800/1900, UMTS 900/2100, 4G LTE Cat. 4
  • Dimensi: 152.3 x 76.4 x 7.95 mm
  • Layar: 5.5 inci 1280 x 720 pixels, 16M warna, IPS
  • Sensor: Proximity, Light
  • Prosesor: Mediatek MT6752M CPU Octa-core 1.5 GHz (Cortex-A53)
  • GPU: Mali-T760MP2
  • RAM: 2GB
  • Kamera: kamera belakang Sony IMX214 13MP dilengkapi LED Flash, autofocus, geo-tagging, HDR, smile detection, burst mode, timer, Video stabilization (EIS), QR (code scanner),kamera depan 8MP
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0, Micro USB 2.0
  • Memori Internal: 16GB dapat ditambah dengan micro SD hingga 32GB
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3.500 mAh
  • OS: Android KitKat 4.4.4

Alcatel OneTouch Flash Plus ini dibalut dengan dus warna putih yang bisa terbilang lengkap untuk isinya, yang meliputi:

  • Handset Alcatel OneTouch Flash Plus
  • Headset
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Kartu manual dan kartu garansi
  • SIM Ejector
  • Anti gores untuk layar

Desain dan Body

Alcatel OneTouch Flash Plus ini memiliki dimensi seperti smartphone 5.5 inci kebanyakan. Untuk menggenggamnya nyaman ditangan, namun bagi yang memiliki tangan kecil, nampaknya smartphone 5.5 inci perlu digenggam 2 tangan untuk menjangkau tiap sudutnya. Di bagian depan, akan dijumpai sebuah earpiece, kamera berkekuatan 8MP, 3 tombol Soft Key, serta di bagian bawah terdapat mikrofon untuk berkomunikasi ataupun merekam suara. Beralih ke bagian belakang, didapati kamera sebesar 13MP dan sebuah LED Flash, dan speaker yang berada di bawah.

alcatelbody

Desain letak kamera pada Alcatel OneTouch Flash Plus ini terbilang unik, karena kamera belakangnya nampak sedikit menonjol. Sehingga, permukaan bagian belakang bisa dibilang tidak rata, dan perlu berhati-hati saat akan meletakan smartphone ini.

Menilik bagian sisi kanan dan kiri, dijumpai tombol power yang letaknya di tengah, kemudian diiringi dengan tombol volume yang berjejer ke atas, dan slot kartu SIM 2. Untuk bagian kiri, terdapat slot kartu micro SD untuk menambah kapasitas penyimpanan data, dan slot kartu SIM 1 yang berada di atasnya. Untuk sisi atas, terdapat sebuah jack audio 3.5 mm.

Layar

Smartphone ini telah menggunakan layar seluas 5.5 inci dengan resolusi HD (1280×720) dan didukung dengan teknologi IPS. Dengan begitu, layar pada Alcatel OneTouch Flash Plus ini nyaman dilihat. Saat dicoba untuk memainkan film dan bermain game, kejernihan gambar yang ditampilkan layar. Namun yang perlu diperhatikan adalah, pada awal pembelian, Alcatel OneTouch Flash Plus ini menampilkan warna yang agak kekuningan. Hal tersebut bukan masalah hardware, hanya menyangkut pengaturan pada temperatur layar saja.

Desain Antar Muka dan Fitur

Desain antar muka dari Alcatel OneTouch Flash Plus ini memiliki nama Lewa, dengan desain yang mirip dengan iOS dari Apple, atau MIUI dari Xiaomi. Kenapa bisa dibilang mirip? Karena tidak adanya tombol App Drawer yang biasanya terletak dibagian tengah. Jadi home screen sudah termasuk menu yang menampilkan berbagai macam aplikasi.

homescreen_alcatel_onetouch_flash_plus

 

 

homescreen_alcatel_onetouch_flash_plus_2UI_Alcatel_OneTouch_Flash_plus

Saat dikunci, terdapat 3 jalan pintas yang dapat diakses secara cepat, yaitu kamera, dialer, dan pesan singkat seperti tampak pada foto di atas.

Untuk menu status bar dan Quick Settings, hampir mirip dengan stok Android KitKat 4.4.4, hanya saja berganti dengan latar warna putih, sama halnya dengan menu Setting.

Screenshot_2015-09-05-11-18-29

Screenshot_2015-09-05-11-55-51

Alcatel OneTouch Flash Plus menyuguhkan beberapa fitur menarik, seperti adanya Smart Gesture yang mana dapat membaca gerakan tangan dan selanjutnya membuka aplikasi tersebut sesuai dengan gerakan huruf yang diusapkan pada layar pada kondisi mati atau terkunci. Misal kita mengusap layar dengan bentuk huruf C, maka akan membuka aplikasi kamera, begitu pula denga huruf yang lain, misal mengusap dengan membentuk huruf O, maka akan menampilkan aplikasi Office. Kita juga dapat mengganti aplikasi apa yang nantinya akan dijalankan saat kita mengusap layar dengan huruf tertentu.

Screenshot_2015-09-05-11-19-28

Screenshot_2015-09-05-11-19-35

Screenshot_2015-09-05-11-19-40

Selain itu terdapat juga fitur Smart iSense yang mana terdapat bermacam-macam fitur diantaranya, Auto Call Answer. Yang mana saat terdapat panggilan masuk, cukup menempelkan smartphone ini ke telinga Anda dan panggilan akan terjawab secara otomati, tanpa harus repot-repot mengusap layar.

Screenshot_2015-09-05-11-57-38

 

Review Kamera Alcatel OneTouch Flash Plus

Pada sektor kamera, Alcatel OneTouch Flash Plus ini mampu menghasilkan gambar yang bisa dibilang cukup memuaskan. Pencarian fokus dan pengambilan gambar yang cepat merupakan nilai tambah pada smartphone ini. Ditambah dengan adanya pengaturan manual yang dapat mengatur eksposure, ISO, tingkat kontras dan brightness. Tidak ketinggalan juga terdapat fitur HDR yang dapat menghasilkan gambar lebih cerah di saat gelap, serta face beauty untuk menghaluskan bagian wajah saat hendak difoto.

hasil_kamera_alcatel_onetouch_flash_plus

pengaturan_kamera

Untuk kamera depan juga sama untuk fiturnya, terdapat juga setingan manual yang dapat diatur untuk menghasilkan hasil foto yang memuaskan. Berbekal dengan kamera sebesar 5MP, menjadikan aktivitas selfie lebih menyenangkan, terlebih fitur face beauty juga turut disertakan.

Untuk foto outdoor, Alcatel OneTouch Flash Plus bisa menjadi pilihan, karena hasilnya tidak mengecewakan, terlebih dapat mengambil fokus dengan cepat, dan menghasilkan sedikit efek bokeh (blur) saat mengambil objek dengan jarak yang lumayan dekat. Namun sayangnya, saat tim kami menguji fitur HDR di tempat yang minim cahaya, justru menghasilkan foto yang lebih gelap dibandingkan dengan mode normal.

Hasil Foto Makro bunga Outdoor bisa dilihat pada foto berikut:

Foto outdoor
Foto outdoor
Foto minim cahaya dengan flash
Foto minim cahaya dengan flash indoor
3
Foto minim cahaya dengan HDR indoor
Foto minim cahaya dengan pengaturan manual
Foto minim cahaya indoor dengan pengaturan manual

Performa, Multimedia, dan Daya Tahan Baterai

Mengusung prosesor octa core dari MediaTek dengan GPU Mali, dan RAM sebesar 2GB, menjadikan smartphone ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Performa yang dihasilkan sangat memuaskan. Saat tim kami menguji dengan aplikasi benchmark AnTuTu, skor yang didapat mengungguli smartphone dari LG, Google Nexus 5. Selain itu, performa dalam bermain game HD sangat menjanjikan dan dapat berjalan tanpa mengalami kendala lagging. Dengan RAM sebesar 2GB, multitasking bukanlah hal yang berat. Kami menguji dengan menjalankan game Asphalt 8 Airborne dan Modern Combat 5 Blackout, saat berpindah dari masing-masing kedua game tersebut, tetap melanjutkan tanpa harus mengulang dari menu awal.

alcatelbench

Screenshot_2015-08-28-19-16-49

Soal multimedia, tidak ada yang spesial, hanya saja terdapat aplikasi pengolah video standar. Untuk memainkan video, Alcatel OneTouch Flash Plus sudah dibekali dengan pemutar bawaan yang sudah mendukung resolusi Full HD (1080p). Tim kami sempat mencoba memutar video dengan resolusi 4K, namun aplikasi pemutar bawaan dari Alcatel ini tidak mampu menjalankannya. Namun hal ini dapat diatasi dengan menggunakan pemutar video pihak ketiga, dan video resolusi 4K tersebut dapat dijalankan pada smartphone ini. Tapi saat memutar video resolusi 4K tersebut, nampaknya Alcatel OneTouch Flash Plus ini sedikit kewalahan karena mengalami sedikit patah-patah dan melambat. Untuk urusan suara, smartphone ini terbilang memiliki suara yang besar, bahkan tidak terlalu datar.

Untuk ketahanan baterai, smartphone dengan kapasitas daya 3.500 mAh ini dapat bertahan hingga 12 jam lebih untuk penggunaan normal seperti media sosial, berkirim pesan singkat, telepon, sedikit bermain game, dan menonton film. Namun yang perlu diketahui adalah, koneksi data yang tim kami gunakan adalah koneksi WiFi. Akan didapati hasil yang berbeda bila koneksi internet yang digunakan menggunakan koneksi data dari operator seluler. Sayangya, tidak ada fitur fast charging pada Alcatel OneTouch Flash Plus ini sehingga, untuk mengisi daya dari 0 hingga 100%, dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar 5 jam.

Kesimpulan

Dengan harga Rp 1.899.000, Alcatel ingin menunjukan tajinya di pasar Indonesia dengan menghadirkan jeroan yang bisa dibilang mumpuni. Terlebih untuk performanya bisa mendekati dengan LG Google Nexus 5 yang notabene memiliki harga di atas Alcatel OneTouch Flash Plus ini. Untuk desain dan hasil kamera yang berikan juga tidak mengecewakan karena dengan harga cukup terjangkau, menawarkan banyak keunggulan dan value yang baik dibanding dengan smartphone lain yang memiliki kisaran harga yang sama.

Kelebihan & Keunggulam Alcatel OneTouch Flash Plus

  • Desain elegan dan slim
  • Speaker keras
  • Performa yang bersaing dengan smartphone dikisaran harga yang sama
  • Bonus anti gores untuk layar dan bonus headset/earphone

Kekurangan Alcatel OneTouch Flash Plus

  • Bagian kamera belakang agak menonjol dibandingkan dengan body bagian belakang
  • Masih menggunakan Android KitKat 4.4.4
  • Fitur HDR yang hasilnya biasa saja
  • Tidak adanya fitur fast charging

Cek juga Video unboxing dan Video Review kami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here